Jelaskan upaya yang dapat dilakukan dilingkungan masyarakat pasca terjadinya konflik antarkelompok pemuda!

Jelaskan upaya yang dapat dilakukan dilingkungan masyarakat pasca terjadinya konflik antarkelompok pemuda!

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah reintegrasi.

Yuk simak penjelasannya!

Konflik merupakan proses sosial oleh individual atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan, disertai dengan ancaman dan/atau kekerasan.

Upaya yang dapat dilakukan dilingkungan masyarakat pasca terjadinya konflik antarkelompok pemuda yaitu dengan reintegrasi. Dengan cara adanya sebuah reintegrasi masyarakat yang artinya upaya untuk membangun kembali kepercayaan sosial dalam suatu masyarakat, setelah terjadinya konflik sosial.

Pada dasarnya tujuan reintegrasi adalah memperbaiki hal-hal yang menjadi pemicu terjadinya konflik ataupun kekerasan dalam masyarakat. Hal-hal yang dianggap tidak baik dibuang dan hal-hal yang dianggap baik dipertahankan, atau dicari cara baru untuk menggantikan cara lama jika dianggap tak layak lagi dipertahankan. Hal ini dimaksudkan demi tercapainya kembali integrasi sosial yang pernah berlangsung di masa lalu. Diharapkan dengan dilakukannya reintegrasi sosial, maka akan tercipta kehidupan sosial yang harmonis, saling pengertian, dan kedamaian dalam masyarakat yang mengalami konflik.

Dengan demikian, upaya penyelesaian pasca terjadinya konflik ini dapat dilakukan dengan cara reintegrasi, yaitu memperbaiki segala hal yang menjadi pemicu terjadinya konflik.

Baca Juga :  Nilai tan x yang memenuhi persamaan sin × – cos x = 0 adalah ...