Breaking News

Berikut ini yang bukan merupakan ketentuan-ketentuan pelaksanaan tanam paksa di indonesiaoleh pemerintah kolonial belanda adalah….

Berikut ini yang bukan merupakan ketentuan-ketentuan pelaksanaan tanam paksa di indonesiaoleh pemerintah kolonial belanda adalah….
a. penduduk desa diwajibkan menyediakan 1/5 dari tanahnya untuk ditanami tanaman perdagangan yang laku di eropa
b. penduduk desa bebas menjual hasil tanaman-nya kepada siapa saja
c. tanah yang dipakai dibebaskan dari pembayaran pajak
d. bila terjadi kegagalan panen menjadi tanggung jawab petani

Jawaban yang tepat adalah B. Penduduk desa bebas menjual hasil tanaman-nya kepada siapa saja

Untuk lebih jelasnya, simaklah pembahasan berikut ini :

Cultuurstelsel atau disebut pula dengan sistem tanam paksa adalah suatu kebijakan yang diterapkan oleh Van den Bosch ketika memerintah di Hindia-Belanda pada tahun 1830 hingga tahun 1870. Tujuan pelaksanaan cultuurstelsel adalah untuk mengisi kas keuangan Belanda yang kosong akibat banyaknya perlawanan yang muncul, terutama Perlawanan Rakyat Diponegoro dan Perang Padri yang banyak menghabiskan keuangan Belanda.

Adapun kebijakan tanam paksa adalah sebagai berikut :
1. Penanaman dilakukan di lahan para petani dengan ketentuan 1/5 ditanami tanaman wajib untuk komoditas ekspor seperti kopi, tebu, dan nila, serta yang lainnya ditanami tanaman pokok, seperti padi atau jagung.
2. Tanah yang ditanami komoditas tersebut dibebaskan dari pajak.
3. Waktu dan pekerjaan yang diperlukan untuk melaksanakan tanam paksa tidak boleh melebihi waktu menanam tanaman pokok.
4. Kegagalan panen akan ditanggung pemerintah.
5. Kelebihan hasil panen akan diserahkan kembali pada petani.
6. Penduduk yang bukan petani diharuskan bekerja di perkebunan dan pabrik milik pemerintah.

Dengan demikian, berdasarkan soal tersebut yang bukan kebijakan tanam paksa adalah Penduduk desa bebas menjual hasil tanaman-nya kepada siapa saja.

Semoga membantu ya

Baca Juga :  Di bawah ini beberapa manfaat Sistem Informasi Geografi (SIG). Manfaat SIG dalam bidang sosial ditunjukan oleh nomor.... (1) pendataan kawasan lahan potensial, lahan kritis, jenis tanah (2) pendataan dan pengembangan fasilitas pendidikan dan jaringan transportasi (3) pendataan luas dan pesebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya (4) pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan (5) pendataan dan pengembangan pemukiman penduduk kawasan industri