Breaking News

Resiko gagal jantung dapat diminimalisasi dengan gaya hidup sehat, olahraga yang teratur, dan makan makanan bergizi seimbang. Kata serapan pada kalimat tersebut yang penulisannya tidak tepat adalah ….

Cermati kalimat berikut!

Resiko gagal jantung dapat diminimalisasi dengan gaya hidup sehat, olahraga yang teratur, dan makan makanan bergizi seimbang.

Kata serapan pada kalimat tersebut yang penulisannya tidak tepat adalah ….
a. bergizi
b. resiko
c. diminimalisasi
d. olahraga

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Yuk, simak pembahasan berikut.

Kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain (bahasa asing atau bahasa daerah) berdasarkan kaidah bahasa penerima.

Kata serapan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Adopsi: Proses penyerapan kosa kata asing yang memiliki makna yang sama dalam bahasa Indonesia tanpa mengubah ejaan, pengucapan, dan penulisan sama sekali. Contoh: data, film, dan internet.
2. Adaptasi: Proses penyerapan kata asing yang digunakan karena memiliki makna sama dalam bahasa Indonesia namun kata tersebut telah mengalami perubahan dalam ejaan, pengucapan, dan penulisannya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Contoh: Computer menjadi komputer.
3. Pungutan: Proses penyerapan kata asing dengan pungutan terjadi karena pemakai mengambil konsep dasar yang ada pada bahasa asalnya. Kemudian, kata tersebut dicari terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Contoh: Download menjadi unduh, upload menjadi unggah.

Kata ‘resiko’ merupakan kata serapan dari bahasa Inggris ‘risk’ melalui proses adaptasi. Penyerapannya ke dalam bahasa Indonesia yang tepat adalah ‘risiko’ bukan ‘resiko’. Kata ‘risiko’ memiliki makna akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Daftar isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.