Perbandingan yang tepat dari kedua teks tersebut adalah …

Bacalah kedua teks berita berikut.

Teks 1

“Sekarang ini memang kami tingkatkan tes massal secara acak, terutama di tempat-tempat keramaian,” ungkap Hendi, sapaan akrabnya, Rabu (27/5 / 2020) .

Dia menyebut, beberapa waktu sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Semarang juga telah menggelar tes massal dengan hasil yang baik.

“Kemarin salah satunya di Mal Paragon yang semua hasilnya negatif. Tinggal nanti kami lihat hasilnya yang hari ini dan selanjutnya,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Teks 2

Sebelumnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk sejumlah negara menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR yang melanda Simeulue, Aceh hari ini. Tercatat ada 28 negara yang diimbau untuk mewaspadai kemungkinan tsunami.

Selain Indonesia, negara-negara tersebut menurut bulletin tsunami yang dikeluarkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik adalah: India, Australia, Sri Lanka, Singapura, Myanmar, Thailand, Maldives, Inggris, Malaysia, Mauritius, Reunion, Seychelles, Oman, Pakistan, Somalia, Madagaskar, Iran, Uni Emirat Arab, Yaman, Comores, Mozambique, Kenya, Tanzania, Crozet Islands, Bangladesh, Kerguelen Islands dan Afrika Selatan.

Perbandingan yang tepat dari kedua teks tersebut adalah …

A. Teks 1 memakai kalimat langsung, sedangkan teks 2 memakai kalimat tidak langsung.

B. Teks 1 tidak ada unsur why dan how, sedangkan teks 2 tidak ada unsur how dan where.

C. Teks 1 menggunakan kalimat majemuk, sedangkan teks 2 menggunakan kalimat tunggal.

D. Teks 1 menggunakan konjungsi negasi, sedangkan teks 2 memakai konjungsi penerang.

jawab beserta pembahasannya ya

besok sudah di kumpul 🙏🏻🙏🏻

Jawaban yang tepat adalah A.

Simak penjelasan berikut.

Membandingkan teks adalah upaya mencari persamaan atau perbedaan isi dua teks atau lebih untuk tujuan tertentu.

Berikut cara membandingkan teks:
1. Pahami informasi masing-masing teks.
2. Pahami perbedaan struktur masing-masing teks.
3. Pahami perbedaan kaidah kebahasaan masing-masing teks.

Baca Juga :  Bapak dan Ibu yang saya hormati. Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat yang ditanam di ha- laman rumah. Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria. Isi kutipan pidato di atas adalah ....

Perbandingan yang tepat dari kedua teks tersebut adalah teks 1 memakai kalimat langsung, sedangkan teks 2 memakai kalimat tidak langsung. Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan secara langsung kepada orang yang dituju. Kalimat langsung ditandai dengan pemakaian tanda petik (“…”). Contoh kalimat langsung adalah Bupati Ciamis berkata, “Biarlah saya melakukannya sendiri.” Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita. Contoh kalimat tidak langsung adalah Bupati Ciamis menanam pohon pisang sendiri.

Teks 1 memakai kalimat langsung, berdasarkan kutipan “Sekarang ini memang kami tingkatkan tes massal secara acak, terutama di tempat-tempat keramaian,” ungkap Hendi, sapaan akrabnya, Rabu (27/5 / 2020). Kalimat tersebut merupakan kalimat langsung karena diucapkan secara langsung menggunakan tanda petik.

Teks 2 memakai kalimat tidak langsung, berdasarkan kutipan Sebelumnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk sejumlah negara menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR yang melanda Simeulue, Aceh hari ini. Tercatat ada 28 negara yang diimbau untuk mewaspadai kemungkinan tsunami. Kalimat tersebut merupakan kalimat tidak langsung karena melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu, ya.

Daftar isi