Baca dan perhatikan paragraf berikut! (1) Anak-anak memiliki hak untuk bermain. (2) Apalagi di saat mereka masih di bawah usia lima tahun. (3) Permainan yang dianjurkan permainan tradisional. (4) Pada masa itu, bermain adalah aktivitas yang harus dilakukan. (5) Tugas anak-anak hingga usia tujuh tahun adalah bermain. Teks tersebut tidak padu karena adanya kalimat….

Baca dan perhatikan paragraf berikut!
(1) Anak-anak memiliki hak untuk bermain. (2) Apalagi di saat mereka masih di bawah usia lima tahun. (3) Permainan yang dianjurkan permainan tradisional. (4) Pada masa itu, bermain adalah aktivitas yang harus dilakukan. (5) Tugas anak-anak hingga usia tujuh tahun adalah bermain.
Teks tersebut tidak padu karena adanya kalimat….
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (5)

Jawaban yang tepat adalah B.

Simak penjelasan berikut.

Paragraf padu adalah paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun dengan logis dan serasi. Untuk membentuk suatu paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan yang logis dan disambungkan dengan kalimat lainnya dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung.

Paragraf tersebut tidak padu karena adanya kalimat “Permainan yang dianjurkan permainan tradisional”. Kalimat sebelumnya (2) membicarakan usia, dalam kutipan ” Apalagi di saat mereka masih di bawah usia lima tahun”. Seharusnya kalimat setelahnya juga menjelaskan tentang usia atau masa di usia tersebut. Maka, kalimat yang tepat setelah kalimat (2) adalah kalimat (4) yaitu, “Pada masa itu, bermain adalah aktivitas yang harus dilakukan”.

Paragraf yang padu adalah sebagai berikut:
(1) Anak-anak memiliki hak untuk bermain. (2) Apalagi di saat mereka masih di bawah usia lima tahun. (4) Pada masa itu, bermain adalah aktivitas yang harus dilakukan. (5) Tugas anak-anak hingga usia tujuh tahun adalah bermain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu, ya.

Baca Juga :  Untuk menjaga kesehatan lambung, upaya yang dapat kita lakukan diantaranya ditunjukkan dengan nomor ...