Berapa kala rotasi bumi dan apa hubunganya dengan kalender Masehi

berapa kala rotasi bumi dan apa hubunganya dengan kalender Masehi

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik atau satu hari. Sementara itu, kalender masehi merupakan efek dari revolusi bumi (bergeraknya bumi mengelilingi matahari).

Mari simak penjelasan berikut ini.

Rotasi bumi merupakan perputaran bumi pada poros atau sumbunya. Selain itu terdapat juga istilah lainnya yaitu revolusi bumi. Revolusi bumi merupakan peristiwa bergeraknya bumi mengelilingi matahari.

Dalan satu kali rotasi bumi, waktu yang dibutuhkan adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Waktu satu kali rotasi disebut kala rotasi atau lebih sering menyebutnya dengan satu hari.
Berbeda dengan rotasi bumi, kala revolusi bumi adalah 365¼ hari atau disebut 1 tahun.

Penetapan kalender masehi adalah efek dari revolusi bumi. Lamanya waktu revolusi dijadikan sebagai waktu satu tahun di bumi. Satu tahun di kalender masehi adalah waktu yang perlukan oleh gerak bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi), karena sistem kalender masehi termasuk sistem kalender matahari.

Jadi, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik atau satu hari. Sementara itu, kalender masehi merupakan efek dari revolusi bumi (bergeraknya bumi mengelilingi matahari).

Baca Juga :  Pecahan campuran 67/8 dapat diubah menjadi ....