Apa yang dimaksud dengan metamorfosis

apa yang dimaksud dengan metamorfosis

Metamorfosis adalah suatu proses biologis yang menandai perkembangan pada hewan dimana proses tersebut melibatkan perubahan penampilan secara fisik maupun struktur organ setelah fase penetasan.

Metamorfosis adalah suatu proses biologis yang menandai perkembangan pada hewan dimana proses tersebut melibatkan perubahan penampilan secara fisik maupun struktur organ setelah fase penetasan. Metamorfosis dibagi menjadi dua macam yaitu Metamorfosis sempurna dan Metamorfosis tidak sempurna. Berikut ini penjelasannya ya.

Metamorfosis sempurna adalah tahapan metamorfosis yang melalui empat tahap yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa (imago). Metamorfosis sempurna ditunjukkan dengan berbeda bentuk maupun cara hidup antara fase Larva dengan fase Imago. Contohnya kupu-kupu, tawon, lebah, semut, kutu, dan nyamuk.

Metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk tubuh pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui tiga fase yaitu fase telur, fase nimfa dan fase imago (dewasa) tanpa mengalami fase kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik, rayap, capung, dan kepik.

Jadi, metamorfosis adalah suatu proses biologis yang menandai perkembangan pada hewan dimana proses tersebut melibatkan perubahan penampilan secara fisik maupun struktur organ setelah fase penetasan.

Semoga membantu ya!

Baca Juga :  Barang berikut ini yang dapat merusak organ pernapasan manusia jika dikonsumsi adalah ….