Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan ris dan mula, walau pendidikan mula-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat ia menggeluti dunia sastra. Struktur teks biografi tersebut adalah ….

Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan ris dan mula, walau pendidikan mula-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat ia menggeluti dunia sastra.

Struktur teks biografi tersebut adalah ….
a. evaluasi
b. orientasi
с. reorientasi
d. peristiwa dan masalah
e. penutup

Jawabannya adalah B.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Biografi adalah suatu tulisan yang berisikan ulasan mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup seseorang selama ia masih hidup.

Struktur teks biografi, yaitu:
1. Orientasi, yaitu bagian pengenalan tokoh yang diceritakan. Orientasi berisi identitas dari tokoh yang dibahas. Identitas meliputi nama lengkap, tempat, tanggal lahir, umur, alamat, nama orang tua, nama pasangan (istri/suami), riwayat pendidikan, pengalaman kerja, maupun tanggal wafat.
2. Peristiwa penting, yaitu bagian inti yang berisi kejadian/peristiwa yang dialami tokoh. Bagian ini dipaparkan hal menarik dan mengesankan, hal mengagumkan dan mengharukan, serta hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh yang dibahas.
3. Reorientasi, yaitu bagian akhir yang berisi pandangan penulis dari tokoh yang diceritakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur teks biografi tersebut adalah orientasi. Hal ini diketahui melalui adanya identitas dari tokoh yang dibahas, seperti tempat dan tanggal lahir, yaitu “Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922.” Selain itu, terdapat kutipan berisi riwayat pendidikan tokoh, yakni “Chairil menekuni pendidikan HIS dan MULO, walau pendidikan MULO-nya tidak tamat.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu 😊

Daftar isi