Perhatikan gambar di bawah ini! Bakteri yang melakukan reproduksi seperti gambar di atas memanfaatkan bagian pada struktur tubuhnya sebagai tempat untuk untuk menyalurkan materi genetik dari sel bakteri “pemberi” kepada sel bakteri “penerima”. Bagian tubuh bakteri yang dimaksud adalah ….

Perhatikan gambar di bawah ini!
Bakteri yang melakukan reproduksi seperti gambar di atas memanfaatkan bagian pada struktur tubuhnya sebagai tempat untuk untuk menyalurkan materi genetik dari sel bakteri “pemberi” kepada sel bakteri “penerima”. Bagian tubuh bakteri yang dimaksud adalah ….
A. flagel
B. pilus
C. kapsul
D. plasmid
E. nukleus

Perhatikan gambar di bawah ini! Bakteri yang melakukan reproduksi seperti gambar di atas memanfaatkan bagian pada struktur tubuhnya sebagai tempat untuk untuk menyalurkan materi genetik dari sel bakteri "pemberi" kepada sel bakteri "penerima". Bagian tubuh bakteri yang dimaksud adalah ....

Jawaban yang tepat adalah B. pilus.

Bakteri merupakan organisme prokariotik (tidak memiliki membran inti) dengan struktur tubuh yang sederhana, dimana bakteri tidak memiliki inti sel (nukleus) dan organel sel (hanya ada ribosom). Bakteri bereproduksi secara aseksual dan rekombinasi genetik. Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembelahan biner sedangkan rekombinasi genetik dilakukan dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya. Saat melakukan pertukaran materi genetik, bakteri dibantu oleh struktur tubuhnya yaitu pilus/pili. Pilus merupakan struktur tambahan yang ada pada beberapa jenis bakteri tertentu. Pilus berbentuk seperti rambut halus yang menonjol pada dinding sel. Pilus berfungsi sebagai penghubung saat bakteri melakukan konjugasi (pertukaran materi genetik) dan sebagai pelekat antara sel bakteri yang satu dengan sel bakteri lainnya.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. pilus.

Baca Juga :  Cuaca dan iklim terdapat perbedaan dari segi....