Tuliskan 4 fungsi lemak

Tuliskan 4 fungsi lemak

Jawabannya yaitu sumber energi, menyimpan energi terbanyak, membantu tubuh menggunakan vitamin, pembangunan sel tubuh, dan pembangunan hormon.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Lemak adalah zat dengan energi tinggi. Selain itu lemak juga merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar beberapa organ yang membutuhkannya dapat bekerja secara optimal. Beberapa bentuk lemak yaitu lemak jenuh, tak jenuh, tunggal, dan tak jenuh ganda. Fungsi lemak untuk tubuh adalah sumber energi, menyimpan energi terbanyak, membantu tubuh menggunakan vitamin, pembangunan sel tubuh, pembangunan hormon, mencegah obesitas, menjaga hormon seks, dan memperkuat jantung. Lemak akan membahayakan tubuh apabila jumlahnya berlebihan. Sehingga, asupannya perlu dibatasi agar lemak berfungsi secara optimal. Contoh makanan yang mengandung lemak adalah alpukat, kacang kedelai, tumbuhan laut, minyak kelapa, minyak ikan laut, daging, minyak ikan, telur, susu, kacang kenari, dan sebagainya.

Jadi, fungsi lemak yaitu sumber energi, menyimpan energi terbanyak, membantu tubuh menggunakan vitamin, pembangunan sel tubuh, dan pembangunan hormon.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan teori waisyah