Dalam bentuk apa saja unsur oksigen ditemukan dalam atmosfer? Jelaskan fungsinya!

Dalam bentuk apa saja unsur oksigen ditemukan dalam atmosfer? Jelaskan fungsinya!

Oksigen di atmosfer ditemukan dalam bentuk O2 yang dihasilkan dari sianobakteria dan tumbuhan; dan dalam bentuk air (H2O) dalam tubuh makhluk hidup serta dalam bentuk ozone (O3) di atmosfer.

Mari kita bahas!

Oksigen (O) merupakan senyawa organik berupa zat asam yang disebut juga sebagai zat pembakar. Unsur kimia yang memiliki ciri tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen di atmosfer dihasilkan dari proses fotosintesis pada sianobakteria dan tumbuhan yang digunakan untuk melakukan respirasi. Selain itu, oksigen juga ditemukan dalam tubuh makhluk hidup dalam bentuk air (H2O) yang berfungsi mempertahankan homeostatis tubuh dan keberlangsungan makhluk hidup. Selain itu, oksigen juga ditemukan dalam bentuk ozon (O3). Ozon (O3) merupakan molekul gas yang tersusun atas tiga atom oksigen yang secara alami terdapat di atmosfer bumi dan menyerap radiasi sinar ultraviolet pada panjang gelombang tertentu. Sebanyak 90% konsentrasi ozon ditemukan di lapisan stratosfer (ketinggian 35 – 45 km di atas permukaan bumi), dan sebanyak 10% ditemukan di troposfer (permukaan bumi).

Dengan demikian, oksigen di atmosfer ditemukan dalam bentuk O2 yang dihasilkan dari sianobakteria dan tumbuhan; dan dalam bentuk air (H2O) dalam tubuh makhluk hidup, serta dalam bentuk ozone (O3) di atmosfer.

Baca Juga :  Max. for 7 eggs , with measuring cup and needle time up bell sound , 230v-50hz/350w Who is expected to read the text ?