Apa gagasan utama teks bacaan di atas?

Bacalah teks berikut!
Bertanya membuat seseorang memiliki kepekaan terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Dari kegiatan tersebut, kita akan memperoleh informasi tentang berbagai hal yang sebelumnya tidak diketahui. Dalam segala aspek kehidupan, kita pasti melakukan kegiatan bertanya Siswa di sekolah akan bertanya kepada guru tentang materi pelajaran tidak dipahaminya. Siswa melakukan kegiatan bertanya sebagai proses memahami materi secara utuh. Jadi, berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.
Apa gagasan utama teks bacaan di atas?

Gagasan utama pada teks di atas terletak di akhir paragraf, yaitu manfaat yang diperoleh dari bertanya.
Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Gagasan utama atau ide pokok merupakan pokok pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama dapat ditemukan di awal, di akhir, maupun di awal dan di akhir paragraf.

Langkah-langkah menentukan gagasan utama dalam paragraf adalah sebagai berikut.
1. Membaca seluruh paragraf dengan cermat.
2. Memahami kalimat pertama sampai kalimat akhir.
3. Menandai info penting.
4. Menentukan gagasan utama (ide pokok) dalam paragraf.

Berdasarkan penjelasan di atas, gagasan utama pada teks tersebut terletak di akhir paragraf, yaitu manfaat dari bertanya mengenai sesuatu. Hal tersebut sesuai dengan kutipan “Jadi, berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.”
Kalimat tersebut mengandung gagasan utama karena merupakan pokok pengembangan paragraf. Kalimat sebelumnya merupakan pengembangan atau penjelasan mengenai manfaat yang diperoleh dari bertanya.

Dengan demikian, gagasan utama pada teks di atas terletak di akhir paragraf, yaitu manfaat yang diperoleh dari bertanya.

Baca Juga :  Perhatikan gambar berikut! Tentukan volume bangun ruang tersebut!