Tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan

tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan

Tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan disebut dengan Waprakeswara.

Berikut penjelasannya ya.

Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang berdiri pada abad ke-4 Masehi di daerah Kutai, Kalimantan Timur. Adapun sumber sejarahnya berupa prasasti berbentuk Yupa yang berhuruf Pallawa dan berbahasa Sansakerta. Menurut Prasasti ini, penguasa pertama Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Mulanya Kudungga adalah penguasa lokal, namun karena adanya pengaruh Hindu, maka struktur pemerintahan berubah menjadi kerajaan.

Setelah berakhirnya masa kekuasaan Kudungga, anaknya bernama Aswawarman kemudian menduduki kekuasaan. Adapun raja selanjutnya adalah Mulawarman. Pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai mencapai masa kejayaannya. Dalam salah satu Yupa, ada kata “Waprakeswara”. Waprakeswara adalah lapangan luas tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa, Dewa Hindu. Waprakeswara dianggap sebagai tempat suci yang digunakan oleh Raja Mulawarman dalam melaksanakan ritual upacara keagamaan.

Baca Juga :  Jelaskan ada beberapa bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan negara?