Breaking News

Apa perbedaan puisi dengan prosa??

apa perbedaan puisi dengan prosa??

Perbedaan puisi dengan prosa adalah puisi merupakan karya satra yang penulisannya terikat oleh ragam bahasa, sedangkan prosa berupa karangan bebas yang tidak terikat oleh aturan penulisan.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Puisi adalah karya sastra yang terikat ragam bahasanya, seperti irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga mengutamakan keindahan kata serta kepadatan makna. Puisi memiliki beberapa sifat atau ciri sebagai berikut.
1. Menggunakan majas atau gaya bahasa.
2. Memiliki rima.
3. Menggunakan kata-kata kiasan atau konotatif.
4. Mengandung pengimajinasian (citraan).
5. Menggunakan kata-kata indah dengan makna yang mendalam.

Prosa adalah karya sastra berupa karangan bebas yang tidak terikat oleh aturan penulisan. Ciri-ciri prosa adalah sebagai berikut.
1. Memiliki alur cerita.
2. Terdapat tokoh dan penokohan.
3. Terdapat latar dalam penceritaannya.
4. Memiliki sudut pandang.
5. Memiliki amanat.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka perbedaan antara puisi dengan prosa adalah puisi merupakan karya satra yang penulisannya terikat oleh ragam bahasa seperti irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait, sedangkan prosa merupakan karya sastra berupa karangan bebas yang tidak terikat oleh aturan penulisan.

Dengan demikian, perbedaan puisi dengan prosa adalah puisi merupakan karya satra yang penulisannya terikat oleh ragam bahasa, sedangkan prosa berupa karangan bebas yang tidak terikat oleh aturan penulisan.

Semoga membantu 🙂

Baca Juga :  Proses penyaluran energi listrik yang benar adalah... A. Setelah trafo step down langsung ke rumah penduduk B. Setelah melalui trafo penurunan daya distribusi lalu ke rumah penduduk C. Trafo step up langsung ke rumah penduduk D. Setelah melalui pabrik langsung ke rumah penduduk