Perhatikan data percobaan berikut. jika semua bahan tersebut dipanaskan dengan kalor yang sama, urutan bahan dari kenaikan suhu terbesar hingga terkecil adalah ….

perhatikan data percobaan berikut.
jika semua bahan tersebut dipanaskan dengan kalor yang sama, urutan bahan dari kenaikan suhu terbesar hingga terkecil adalah ….
A. P, Q,S
B. P,R,S
C. P,S,R
D. R,Q,P

perhatikan data percobaan berikut. jika semua bahan tersebut dipanaskan dengan kalor yang sama, urutan bahan dari kenaikan suhu terbesar hingga terkecil adalah ....

Jawabannya adalah C. P, S, R.

Kalor jenis didefinisikan sebagai kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg suatu zat sebesar 1 K. Secara matematis persamaannya adalah :
c = Q/(m x ∆T)
dengan :
Q = energi kalor (J)
m = massa (kg)
c = kalor jenis benda (J/kg°C)
∆T = perubahan suhu (°C)

Kalor jenis adalah sifat khas suatu zat yang menunjukkan kemampuannya untuk menyerap kalor. Zat yang kalor jenisnya tinggi mampu menyerap lebih banyak kalor untuk kenaikan suhu yang rendah.
Urutan kalor jenis terkecil hingga terbesar adalah : P, S, Q dan R.

Jadi urutan bahan dari kenaikan suhu terbesar hingga terkecil adalah P, S, R.
Oleh karena itu jawaban yang benar adalah C.

Baca Juga :  Perhatikan beberapa perubahan materi berikut! i. Pembakaran sampah. ii. Pembuatan tempe. iii. Terbentuknya embun. iv. Pembusukan buah. v. Pembuatan kursi kayu. vi. Pelarutan gula. Perubahan materi di atas yang merupakan perubahan kimia adalah ...