Breaking News

Sebanyak 1 mol padatan perak bereaksi dengan 1/2 mol gas klorin membentuk 1 mol perak klorida. Pada reaksi ini terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ. a. Tentukanlah jenis reaksi pada reaksi tersebut!

Sebanyak 1 mol padatan perak bereaksi dengan 1/2 mol gas klorin membentuk 1 mol perak klorida. Pada reaksi ini terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ.
a. Tentukanlah jenis reaksi pada reaksi tersebut!

Jawaban yang benar adalah reaksi eksoterm.

Berdasarkan adanya perpindahan energi antara sistem dan lingkungan, reaksi termokimia dikelompokan menjadi reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.

Reaksi eksoterm adalah reaksi yang memiliki ΔH bernilai negatif. Harga negatif menyatakan bahwa reaksi membebaskan panas dari sistem ke lingkungan karena entalpi standar zat-zat yang bereaksi lebih besar dari entalpi standar zat-zat hasil reaksi. Reaksi eksoterm dapat diamati dengan naiknya suhu reaksi.

Reaksi endoterm adalah reaksi yang memiliki ΔH bernilai positif. Harga positif menyatakan bahwa reaksi menyerap panas (dari lingkungan ke sistem) karena entalpi standar zat-zat yang bereaksi lebih kecil dari entalpi standar zat-zat hasil reaksi. Reaksi endoterm dapat diamati dengan turunnya suhu reaksi.

Berdasarkan penjelasan pada soal, terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ artinya ΔH bernilai negatif sehingga termasuk reaksi eksoterm.

Dengan demikian, pada reaksi tersebut termasuk reaksi eksoterm.

Baca Juga :  Ada empat faktor yang menyebabakan seseorang melakukan penyimpangan sosial salah satunya adalah sosialisasi yang tidak sempurna dalam kehidupan sehari-hari