Apakah yang membuat Raffles memiliki perbedaan dengan gubemur-gubemur jenderal yang lain?

Gubemur jendral
Sebagai penguasa di wilayah Nusantara, Gubemur Jenderal Belanda biasa bersikap keras dan bahkan cenderung kasar terhadap rakyat. Daendels, Van Den Bosch, dan van der Capellen dikenal tanpa punya peri kemanusiaan. Mereka hanya berpikir bagaimana target-target bisa dicapai saat berkuasa.
Akan tetapi, hal ini berbeda dengan Gubemur Jenderal Raffles. Tidak sekadar berkuasa, Raffles bahkan menunjukkan kecintaan yang berlebih kepada ilmu pengetahuan. Ia membangun Kebun Raya Bogor, menulis buku sejarahjawa, dan menyukai ilmu biologi. Tidak hanya heran hila nama Raffles cukup harum di negeri kita.

Apakah yang membuat Raffles memiliki perbedaan dengan gubemur-gubemur jenderal yang lain?

Apakah yang membuat Raffles memiliki perbedaan dengan gubemur-gubemur jenderal yang lain?

Hal yang membuat Raffles memiliki perbedaan dengan gubemur-gubemur jenderal yang lain adalah Raffles menjalankan pemerintahan dengan lebih manusiawi serta berupaya mengembangkan ilmu pengetahuan, ekonomi dan budaya di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada umumnya para pemimpin pemerintah kolonial di Indonesia senantiasa berupaya mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya dari Indonesia. Dengan cara melakukan eksploitasi sumber daya alam dan manusia secara besar-besaran di Indonesia. Namun hal itu tidak dilakukan oleh Gubernur Jenderal Raffles yang memerintah pada 1811 hingga 1816. Pemerintahan yang ia jalankan lebih manusiawi dan berupaya mengembangkan dan memajukan Indonesia dengan kebijakan-kebijakan seperti

1. Mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia dengan mendukung penelitian biologi dan membangun kebun raya bogor.

2. Mengembangkan ekonomi rakyat dengan menciptakan pasar bebas dan menghapus sistem monopoli dagang.

3. Menghapuskan sistem penyerahan wajib dan menggantinya dengan sistem sewa tanah atau landrent.

4. Berupaya mengembangkan kebudayaan Jawa dengan mendukung penelitian tentang sejarah tanah Jawa dan sejarah nusantara.

Hal itu lah yang membuat kepemimpinan Gubernur Jenderal Raffles di Indonesia berbeda dengan gubernur-gubernur jenderal yang lain.

Baca Juga :  MENENTUKAN KONSENTRASI CH3COOH 25ML JIKA DITAMBAHKAN NAOH 0,1 M 30 ML

Daftar isi