Jaringan spons melakukan fotosintesis secara lebih intensif daripada jaringan palisade. sebab Jaringan spons mempunyai ruang antar-sel yang lebih luas daripada jaringan palisade.

Jaringan spons melakukan fotosintesis secara lebih intensif daripada jaringan palisade.
sebab
Jaringan spons mempunyai ruang antar-sel yang lebih luas daripada jaringan palisade.

Jawaban yang benar adalah pernyataan salah dan alasan benar.

Pernyataan “jaringan spons melakukan fotosintesis secara lebih intensif daripada jaringan palisade” adalah pernyataan yang salah. Jaringan yang lebih intensif melakukan fotosintesis adalah jaringan palisade. Hal ini dikarenakan jaringan palisade memiliki kloroplas yang lebih banyak dibandingkan jaringan spons. Kloroplas mengandung klorofil yang berperan sebagai pigmen penyerap energi cahaya matahari yang dibutuhkan untuk fotosintesis.

Pernyataan kedua (alasan) ” jaringan spons mempunyai ruang antar-sel yang lebih luas daripada jaringan palisade” adalah pernyataan yang benar. Jaringan spons atau bunga karang terdiri dari sel-sel yang bentuknya tidak beraturan, tersusun tidak rapat, sehingga lebih banyak memiliki ruang antar sel dibandingkan jaringan palisade yang tersusun rapat.

Dengan demikian, pernyataan pertama salah, sedangkan alasan (pernyataan kedua) benar.

Baca Juga :  Massa jenis sebuah balok adalah 6.500 kg/m3 dan massanya 500 g. Hitung volume balok dalam liter dan satuan SI!