Tuliskan Kerangka Laporan Hasil Observasi

Tuliskan Kerangka Laporan Hasil Observasi

Kerangka Teks laporan hasil observasi :

  • Teks laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum (pembukaan), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Bagian definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas.
  • Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisimanfaat atau kegunaan.

 

Ciri-ciri teks observasi:

  • Struktur:-definisi umum (pembukaan),-deskripsi bagian, dan-deskripsi manfaat.

 

Isi:

  • Definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas.Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci.Deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah salah satu bentuk  laporan yang dibuat dan berisi beberapa rangkaian  struktur tentang pengamatan hasil dari mengobservasi suatu objek tertentu. Dalam mengobservasi, Seseorang memperhatikan sekeliling objek pengamatan untuk mendapatkan sebuah informasi yang berdasarkan fakta disana, dimana nantinya akan ditulis dengan menggunakan struktur laporan sebagai berikut.

 

Contoh :

Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sekolah :

 

SMKN 2 Kota Tasikmalaya merupakan salah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terletak di Jl. Sindanggalih, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Sekolah ini memiliki 7 jurusan yaitu, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomotif (OT), Mesin, Listrik, Gambar Bangunan (GB), Broadcast (BC), dan Audio Video (AV). Semua jurusan yang ada dilambangkan dengan warna-warna yang berbeda yang ada pada lencana pundaknya. Merah untuk jurusan TKJ; biru donker untuk jurusan OT; biru muda untuk jurusan mesin; kuning untuk listrik; coklat untuk jurusan GB; hijau untuk BC, dan orange untuk jurusan AV.

 

Peraturan yang ada pada  sekolah ini mengharuskan seluruh siswanya memiliki rambut pendek. Dengan ukuran Maksimal 2 cm di bagian atas kepala dan 1 cm di bagian sisi kepala. Adapun untuk Jumlah siswa laki-laki sangat mendominasi dengan presentase sekitar 83% dibandingkan dengan jumlah perempuan yang hanya 17% saja. SMKN 2 Tasikmalaya memiliki segudang prestasi, di antaranya  seperti juara futsal pada tingkat nasional yang diselenggarakan pada tahun 2010 dan di tahun berikutnya; 2011 juara 3, 2012 juara 2.

Baca Juga :  Pukulan pertama untuk memulai permainan bola voli yaitu pukulan

 

Sistem belajar yang dilakukan oleh SMKN 2 Tasikmalaya adalah teori dan praktek dengan presentase yaitu 70% : 30%. Teori ini terdiri dari beberapa pelajaran umum seperti matematika, bahasa inggris, fisika, dan agama. Sementara untuk kegiatan praktek akan disesuaikan dengan jurusan yang diambil oleh para siswa. Semua siswa pada semester akhir kelas XI atau semester awal kelas XII diwajibkan untuk melakukan program Prakerin (Praktek Kerja Industri) di beberapa  perusahaan luar, baik yang sudah berafiliasi dengan pihak sekolah maupun belum. Siswa tentunya dibebaskan untuk memilih tempatnya masing-masing.

 

Di area lingkungan SMKN 2 Tasikmalaya terdapat dua jenis lingkungan yakni, lingkungan biotik dan lingkugan abiotik. Lingkungan biotik sendiri  terdiri dari pepohonan, tanaman hias, dan hewan-hewan umum yang sering kita jumpai di alam; sedangkan lingkungan abiotik terdiri atas gedung sekolah, dan peralatan belajar.  Selain itu Lingkungan abiotik di SMKN 2 juga berbentuk  gedung sekolah yang terdiri dari, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang BK, perpustakaan, masjid, koperasi, pos satpam, dan juga toilet. Gedung untuk praktek siswa terdiri dari bengkel otomotif, bengkel mesin, bengkel listrik, bengkel elektronik, studio untuk  broadcasting, lab komputer, dan juga lab gambar. Untuk kantin memiliki 5 tempat di setiap penjuru sekolah.

 

Selanjutnya untuk peralatan sekolah diantaranya seperti kursi, meja, papan tulis, spidol, dan LCD proyektor. Lalu untuk Peralatan olahraga biasanya terdiri dari bola sepak, bola basket, bola tenis, jaring bola voli, jaring tenis meja dan mejanya. Dan juga terdapat beberapa lapangan yang terdiri dari lapangan untuk upacara, lapangan sepak bola, lapangan futsal, basket, badminton, dan voli. Lingkungan hidup atau biotik di SMKN 2 Tasikmalaya terdiri dari banyaknya pepohonan besar misalnya seperti pohon mahoni dan mangga. Lalu tanaman hias yang ditanam di sepanjang jalan gerbang utama menuju gerbang dalam sekolah; dari pos satpam sampai parkiran yang ada di dalam.

Baca Juga :  Kelas XI terdiri atas 28 siswa dengan 7 diantaranya siswa putra. Dari kelas tersebut diambil 2 orang untuk mengikuti lomba tanaman hias. Peluang terambil keduanya siswa putiri adalah … .

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com