Bagian pada struktur teks cerita ulang biografi berisi pengenalan tokoh atau pelaku secara umum seperti nama , tempat dan tanggal lahir , latar belakang keluarga , dan riwayat pendidikan . Bagian ini adalah….

Bagian pada struktur teks cerita ulang biografi berisi pengenalan tokoh atau pelaku secara umum seperti nama , tempat dan tanggal lahir , latar belakang keluarga , dan riwayat pendidikan .
Bagian ini adalah….
a. komplikasi
b. peristiwa dan masalah
c. reorientasi
d. evaluasi
e. orientasi

Jawaban yang tepat adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Biografi adalah suatu tulisan yang berisikan kisah mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup orang lain selama ia masih hidup.

Struktur teks biografi, yaitu:
1. Orientasi, yaitu bagian pengenalan tokoh yang diceritakan. Orientasi berisi identitas dari tokoh yang dibahas. Identitas meliputi nama lengkap, tempat, tanggal lahir, umur, alamat, latar belakang keluarga, nama pasangan (istri/suami), riwayat pendidikan, pengalaman kerja, maupun tanggal wafat.
2. Peristiwa penting, yaitu bagian inti yang berisi kejadian/peristiwa yang dialami tokoh. Bagian ini dipaparkan hal menarik dan mengesankan, hal mengagumkan dan mengharukan, serta hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh yang dibahas.
3. Reorientasi, yaitu bagian akhir yang berisi pandangan penulis dari tokoh yang diceritakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, bagian yang dimaksud adalah orientasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Baca Juga :  Pada awal 1942 Jepang memenangkan pertempuran melawan belanda di Jawa. Selain memiliki pasukan lebih banyak, faktor penyebab kemenangan Jepang adalah