Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce. 6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….

Perhatikan teks di bawah ini !
(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll –nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.

6. Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)

Jawaban yang tepat adalah A.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Anekdot adalah cerita lucu, menjengkelkan, atau konyol yang berdasarkan kejadian sebenarnya. Anekdot dibuat sebagai salah satu bentuk penyadaran sosial, yang menyampaikan realitas sosial dengan cara yang unik, seperti humor.

Teks anekdot memiliki struktur, di antaranya sebagai berikut.
1. Abstrak. Menggambarkan isi teks sehingga pembaca bisa memberikan ilustrasi terhadap isi cerita tersebut.
2. Orientasi, yakni awal dari kejadian sebuah cerita atau bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita itu bisa terjadi.
3. Krisis, yakni bagian yang menjelaskan pokok masalah utama di dalam sebuah cerita.
4. Reaksi, yakni bagian pelengkap berupa penyelesaian dari masalah.
5. Koda, yakni bagian penutup cerita dalam teks anekdot.

Berdasarkan penjelasan, orientasi berisi kejadian awal terjadinya peristiwa dalam cerita. Biasanya, orientasi berada di awal cerita. Pada teks, kalimat “Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan” termasuk teks orientasi karena menggambarkan cerita awal dalam sebuah kejadian.

Baca Juga :  Seorang anak berteriak di dalam gua, selang 4 detik kemudian terdengar gema dari teriakan tersebut. Apabila cepat rambat bunyi di udara adalah 350 m/s, maka jarak anak dengan orang yang mendengarkan gema tersebut adalah ..... M.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published.