This house… for 2 months.

This house… for 2 months.

a. renovated
b. has renovated
c. has been being renovated
d. has been renovating
e. has being renovated

Jawaban yang benar untuk soal ini adalah C. has been being renovated.

Soal ini meminta untuk dilengkapi bagian rumpangnya dengan bentuk kata kerja yang sesuai.

Untuk menjawab soalnya, perhatikan kalimat berikut:

“This house ____ for 2 months” artinya “Rumah ini ____ selama 2 bulan”.

Dilihat dari arti kalimatnya dan jika dicocokkan dengan opsi jawaban, kalimat tersebut cocok ditulis dalam bentuk pasif memakai Present Perfect Continuous Tense karena ada keterangan waktu ‘for 2 months’ (selama 2 bulan) untuk menyatakan suatu rumah yang ‘telah sedang direnovasi’ dari beberapa waktu di masa lampau (2 bulan lalu) dan sampai sekarang rumah itu masih dalam proses direnovasi.

Oleh karena itu, bagian rumpang bisa diisi oleh ‘telah sedang direnovasi’ mengikuti rumus Present Perfect Continuous Tense untuk kalimat pasif berikut:

(+) S + has/have + been + being + V3 + O/C.

S (subjek) yang dimaksud adalah ‘this house’. Karena ‘this house’ termasuk subjek singular atau tunggal yang menunjukkan jumlah rumahnya hanya ada 1, maka kata yang ditulis setelahnya adalah ‘has’ diikuti ‘been’ dan ‘being’. Kemudian, tuliskan kata kerja bentuk ketiga (V3) dari “merenovasi” (renovate) yaitu ‘renovated’.

Itu tandanya, bagian rumpang bisa diisi oleh ‘has been being renovated’ (telah sedang direnovasi) seperti di opsi C dan berikut kalimat lengkapnya:

“This house has been being renovated for 2 months” artinya “Rumah ini telah sedang direnovasi selama 2 bulan”.

Oleh karena itu, jawaban yang benar untuk soal ini adalah C. has been being renovated.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Baca Juga :  Buatlah sebuah esai mengenai Bagaimana sikap yang harus kita miliki saat menghadapi era globalisasi/pasar bebas jika kita menjadi seorang wirausaha.​

ilmuantekno.com