“Di sini anda adalah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan, wartawan, atau politisi. Akan tetapi, sebenarnya anda adalah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua adalah anak dari seseorang” Kalimat tersebut merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan …

“Di sini anda adalah delegasi Negara-negara anda. Pengusaha, anggota perhimpunan, wartawan, atau politisi. Akan tetapi, sebenarnya anda adalah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan anda semua adalah anak dari seseorang”
Kalimat tersebut merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan …
a. Emosi
b. Etika
c. Persuasi
d. Logika

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Cara memersuasi adalah cara meyakinkan pihak lain untuk melakukan suatu tindakan secara sukarela tanpa paksaan sesuai dengan hal yang kita inginkan.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk memersuasi, di antaranya:
1. Pendekatan secara emosi lebih mengutamakan perasaan pribadi.
2. Pendekatan secara etika lebih mengutamakan norma dalam masyarakat.
3. Pendekatan secara logika lebih mengutamakan unsur nalar dan ilmu pengetahuan.

Kalimat di atas merupakan cara memersuasi dengan menggunakan pendekatan emosi karena sang pembicara menekankan hubungan pribadi para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut dengan sosok anak. Hal ini dibuktikan dangan kutipan yang berbunyi, “Di sini anda adalah delegasi negara-negara Anda.” dan “Akan tetapi, sebenarnya Anda adalah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, paman, bibi, dan Anda semua adalah anak dari seseorang.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Puisi tersebut menceritakan tentang

Leave a Reply

Your email address will not be published.