Breaking News

Kita tentu merasa sedih saat menyaksikan air sungaiyang keruh dan kotor. Air sungai itu berwarna keruh karena membawa banyak kotoran akibat pencemaran. Air sungai tersebut juga membawa zat kimia buangan dari berbagai industri. Oleh karena itu, marilah kita mencengah terjadinya pencemaran di sungai! Jenis paragraf tersebut adalah

Kita tentu merasa sedih saat menyaksikan air sungaiyang keruh dan kotor. Air sungai itu berwarna keruh karena membawa banyak kotoran akibat pencemaran. Air sungai tersebut juga membawa zat kimia buangan dari berbagai industri. Oleh karena itu, marilah kita mencengah terjadinya pencemaran di sungai!
Jenis paragraf tersebut adalah
A. Persuasi
B. Deskripsi
C.Narasi
D. Argumentasi

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

Yuk, simak pembahasan berikut.

Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat yang saling berhubungan dan menghasilkan suatu tema tertentu.

Berdasarkan isinya, paragraf terdiri atas beberapa jenis, di antaranya:
1) Paragraf persuasi: Paragraf yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.
2) Paragraf deskripsi: Paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, bisa berupa benda, tempat, ataupun makhluk hidup.
3) Paragraf narasi: Pragraf yang berfungsi untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara beruntun dan mendetail.
4) Paragraf argumentasi: Pragraf yang bertujuan untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat yang dipaparkan adalah benar adanya dan terbukti nyata.

Berdasarkan uraian tersebut, paragraf di atas merupakan jenis paragraf persuasi. Hal tersebut karena di akhir paragraf terdapat sebuah kalimat ajakan, yaitu “Oleh karena itu, marilah kita mencengah terjadinya pencemaran di sungai!”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu, ya.

Baca Juga :  kak kalau 2+5=7 berarti kalo 7+5+2-7-5-2+7+5=? berapa kak??

Leave a Reply

Your email address will not be published.