Breaking News

Menurut karl marx, hubungan antarkelas dalam stratifikasi sosial bersifat

menurut karl marx, hubungan antarkelas dalam stratifikasi sosial bersifat
A. kompetisi
B. anarki
C. kooperasi
D. egaliter
E. eksploitasi

Jawabannya adalah E. Eksploitasi

Yuk, simak penjelasannya!

Karl Max adalah seorang filsuf Jerman yang mencetuskan adanya teori kelas sosial. Inti dari teori ini adalah adanya perbedaan kelas sosial antara kaum borjuis dan proletar, dimana terjadinya eksploitasi.

Latar belakang pemikirannya adalah adanya eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh para pengusaha atau pemilik modal (kaum kapitalis atau kaum borjuis) terhadap kaum buruh (kaum proletar). Para buruh bekerja dengan jam kerja yang ditetapkan oleh para pengusaha dengan seenak hati mereka. Bukan hanya itu, upah yang diberikan juga begitu rendah dan tidak sebanding dengan pekerjaannya.

Baca Juga :  Menjelang liburan sekolah, Budi berencana mengikuti beberapa lomba yang diadakan pada saat liburan. Jika Budi memenangkan lomba merakit robot, dia akan mendapatkan kursus gratis robotik selama tiga bulan. Jika Budi memenangkan lomba lukis, dia akan mendapatkan uang senilai dua juta rupiah. Pada saat liburan, Budi tidak mendapatkan kursus gratis robotik selama tiga bulan atau uang senilai dua juta rupiah. Simpulan yang paling tepat adalah...