Breaking News

Apa yang dimaksud dengan pernyataan penjelas.​

Apa yang dimaksud dengan pernyataan penjelas.​

Pernyataan penjelas adalah pernyataan yang berisikan penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya fenomena alam, sosial, budaya, dan lainnya.

Teks eksplanasi memiliki struktur sebagai berikut.
1) Pernyataan umum: berupa pengenalan fenomena itu sendiri atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks tersebut bisa berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, serta bagaimana proses dari sebuah peristiwa bisa terjadi.

2) Pernyataan penjelas/deretan penjelas: berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merinci penyebab serta akibat dari sebuah peristiwa yang terjadi.

3) Interpretasi (opsional): teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari sebuah pernyataan umum dan deretan penjelas. Sedangkan sisi opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Dengan demikian, pernyataan penjelas adalah pernyataan yang berisikan penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Kapasitor keping sejajar memiliki nilai kapasitas 13,275x10-6 Farrad., masing-masing keping memiliki luas penampang 30cm2 yang hanya berisi udara. Jika nilai εo adalah 8,85x10−12 C2 N−12 . tentukan jarak antar kedua keping tersebut !