Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah, mengatakan bahwa pelaksanaan pilkadadi Bali berjalan dengan baik dan lancer. 2) Dirjen Dukcapil melalui dinas- dinas di daerah bekerja sama dengan KPU memastikan hak suara masyarakat tersalurkan dengan baik. 3) Kantor- kantor Dinas Dukcapil juga masih buka untuk memberikan pelayanan. 4) Hak pilih warga binaan di rumah-rumah tahanan pun terjamin. Gagasan pokok pada paragraf di atas terdapat pada nomor …

1) Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah, mengatakan bahwa pelaksanaan pilkadadi Bali berjalan dengan baik dan lancer. 2) Dirjen Dukcapil melalui dinas- dinas di daerah bekerja sama dengan KPU memastikan hak suara masyarakat tersalurkan dengan baik. 3) Kantor- kantor Dinas Dukcapil juga masih buka untuk memberikan pelayanan. 4) Hak pilih warga binaan di rumah-rumah tahanan pun terjamin.
Gagasan pokok pada paragraf di atas terdapat pada nomor …

Kakak bantu jawab ya.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah pelaksanaan pilkada di Bali berjalan dengan baik dan lancar.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Gagasan pokok adalah ide pokok atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Gagasan pokok bisa disebut juga ide pokok, topik, tema, pokok pikiran, gagasan umum, dan lainnya. Gagasan pokok bisa terletak di awal paragraf, di akhir, atau di awal dan di akhir (campuran). Ciri gagasan pokok di awal kalimat adalah mengungkapkan pernyataan umum, biasanya berisi definisi. Selanjutnya, gagasan pokok di akhir kalimat berisi kesimpulan, cirinya adalah terdapat kata seperti jadi, oleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain-lain.

Berdasarkan soal di atas, teks tersebut mengandung kalimat utama di awal kalimat karena mengungkapkan pernyataan umum mengenai pelaksanaan pilkada. Dari kalimat utama tersebut, dapat disimpulkan gagasan pokoknya adalah pelaksanaan pilkada di Bali berjalan dengan baik dan lancar.

Jadi, gagasan pokok paragraf tersebut adalah pelaksanaan pilkada di Bali berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga membantu ya:)

Baca Juga :  Tentukan volume permukaan gambar di samping!