Breaking News

Faktor-faktor berikut yang dapat meningkatkan probabilitas tubrukan antar molekul reaktan adalah…

Faktor-faktor berikut yang dapat meningkatkan probabilitas tubrukan antar molekul reaktan adalah…

(1) memperkecil ukuran reaktan
(2) pengadukan
(3) pemanasan
(4) penambahan katalis

Jawaban yang benar adalah E. Semua benar

Suatu reaksi kimia dapat terjadi karena adanya tumbukan efektif antar partikel yang bereaksi. Tumbukan yang efektif merupakan tumbukan dimana terdapat energi yang dapat memutuskan ikatan-ikatan dari partikel yang bereaksi sehingga membentuk suatu zat yang baru. Semakin banyak tumbukan yang terjadi, maka laju dari reaksi akan semakin besar.

Beberapa faktor yang mempengaruhi tumbukan antar molekul ini adalah sebagai berikut :

1. Luas permukaan
Semakin besar luas permukaan bidang sentuh/semakin kecil ukuran suatu partikel maka akan meningkatkan probabilitas terjadinya tumbukan antar partikel yang bereaksi. (Nomor 1 Benar)

2. Suhu
Semakin tinggi suhu yang diberikan pada suatu reaksi akan meningkatkan probabilitas terjadinya tumbukan antar partikel yang bereaksi karena semakin tinggi suhu, maka pergerakan partikel akan semakin cepat sehingga memungkinkan terjadinya tumbukan semakin besar. (Nomor 3 Benar)

3. Katalis
Penambahan katalis dalam suatu reaktan akan menurunkan energi aktivasi sehingga akan meningkatkan probabilitas terjadinya tumbukan antar partikel yang bereaksi dan membuat laju reaksi juga meningkat. (Nomor 4 Benar)

4. Pengadukan
Proses pengadukan akan mendorong partikel untuk bergerak dan bersentuhan dengan partikel yang lain sehingga dapat meningkatkan probabilitas terjadinya tumbukan antar partikel yang bereaksi dan membuat laju reaksi juga meningkat. (Nomor 2 Benar)

Jadi, faktor-faktor yang dapat meningkatkan probabilitas terjadinya tumbukan antar molekul reaktan adalah (1), (2), (3), dan (4) atau E. Semua Benar

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Pada dunia otomotif, sebuah rel hidrolik adalah suatu hal yang sangat krusial digunakan untuk memberhentikan laju mobil. Jika mobil bergerak pada kecepatan x, maka kompas rel yang memiliki luas 500 cm² harus memberikan gaya sebesar 3000 N pada dan mobil agar mobil dapat berhenti. Tentukanlah berapa besar gaya yang harus diberikan pengemudi pada tuas rel mobil tersebut jika tuas rel memiliki alas dengan luas 40 cm² agar mobil dapat berhenti!