Reaksi masyarakat desa dan kota terhadap perubahan budaya adalah…

Reaksi masyarakat desa dan kota terhadap perubahan budaya adalah…

Jawaban yang tepat yaitu secara bertahap ada proses disentralisasi di segala bidang.

Perubahan sosial adalah adanya proses perubahan yang terjadi dalam masyarakat baik secara tatanan sosial, pola pikir, sikap, nilai dan norma.

Perubahan yang terjadi dalam masyarakat pada umumnya dipengaruhi oleh pola pikir yang ada. Seperti reaksi masyarakat desa dan kota terhadap perubahan budaya mendorong terjadinya disentralisasi di segala bidang. Hal ini disebabkan pemindahan kekuasaan yang terjadi di pusat dan daerah. Dewasa ini disentralisasi dilakukan sebagai pemberian hak otonomi khusus oleh pusat ke daerah. Sehingga daerah bisa mengatur kehidupan masyarakatnya sesuai dengan otonomi yang disepakati bersama.
Misalnya seperti Nanggroe Aceh Darussalam yang diberikan otonomi khusus oleh pusat, dan bebas melakukan kegiatan apa saja sesuai dengan otonomi yang disepakati. Otonomi ini tidak berlaku di daerah lain.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah secara bertahap ada proses disentralisasi di segala bidang.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Berikut ini ciri-ciri BUMN: 1. mencari keuntungan maksimal 2. memperoleh fasilitas negara 3. dipimpin direksi 4. modalnya terdiri atas saham yang dimiliki seluruhnya atau 51% nya 5. dimiliki pemerintah yang merupakan ciri-ciri dari persero adalah..... A.1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 3, dan 5 D. 1, 3, dan 4 E. 2, 3, dan 5