Dampak positif dari implementasi wawasan nusantara dari bidang sosial budaya ialah….

dampak positif dari implementasi wawasan nusantara dari bidang sosial budaya ialah….

a. menjadi nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh Indonesia

b. menciptakan pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

c. menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan

d. menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis

e. menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia.

Jawaban yang benar adalah C. Menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan.

Pembahasan:
Wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap bangsa dan negaranya yang meliputi tanah, air, dan udara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

Dalam pelaksanaan wawasan nusantara harus tercermin dalam pola pikir, sikap dan tindakan yang selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya.

Adapun dampak positif dari implementasi wawasan nusantara yaitu:
1. Dalam bidang politik yaitu menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis.
2. Dalam bidang ekonomi yaitu menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara adil.
3. Dalam bidang sosial budaya yaitu menunjukkan keikhlasan sikap dan tindakan dalam menerima berbagai perbedaan yang ada di Indonesia.
4. Dalam bidang pertahanan dan keamanan yaitu munculnya kesadaran dan sikap bela negara rakyat Indonesia.

Kesimpulan:
Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa dampak positif dari implementasi wawasan nusantara di bidang sosial budaya ialah menciptakan sikap batiniah dan lahiriyah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan.

Baca Juga :  Apa saja yang dipelajari dalam sejarah?