Perhatikan teks berikut ini kemenangan pihak sekutu (inggris, perancis, amerika serikat, dan uni soviet) dalam mengakhiri perang dunia ii tidak terlepas dari peran amerika serikat dalam memberikan bantuan (perlengkapan, tentara, dan persenjataan) yang mampu mempercepat berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan sekutu. perang dunia ii telah menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti inggris, perancis, spanyol, dan portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di berbagai belahan dunia. kondisi ini mengakibatkan munculnya masalah baru yaitu adanya pertentangan kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota sekutu dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu amerika serikat (kuat secara material) dan uni soviet (kuat secara psikologis) yang mengambil alih hegemoni tersebut.berdasarkan teks tersebut dapat diketahui bahwa setelah berakhirnya perang dunia ii, keberadaan organisasi pbb menjadi penting karena ….

Perhatikan teks berikut ini
kemenangan pihak sekutu (inggris, perancis, amerika serikat, dan uni soviet) dalam mengakhiri perang dunia ii tidak terlepas dari peran amerika serikat dalam memberikan bantuan (perlengkapan, tentara, dan persenjataan) yang mampu mempercepat berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan sekutu. perang dunia ii telah menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti inggris, perancis, spanyol, dan portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di berbagai belahan dunia. kondisi ini mengakibatkan munculnya masalah baru yaitu adanya pertentangan kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota sekutu dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu amerika serikat (kuat secara material) dan uni soviet (kuat secara psikologis) yang mengambil alih hegemoni tersebut.berdasarkan teks tersebut dapat diketahui bahwa setelah berakhirnya perang dunia ii, keberadaan organisasi pbb menjadi penting karena ….

Mencegah terjadinya konflik serupa atau mencegah Perang terjadi lagi

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional yang didirikan pada 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. PBB dibentuk dengan tujuan untuk mencegah terjadinya konflik atau perang. PBB tercipta pasca Perang Dunia II dimana perang yang berlangsung selama enam tahun ini menewaskan setidaknya 85 juta nyawa. Dengan berakhirnya PD II, maka lahirlah harapan akan dunia yang damai, untuk itu terciptalah PBB sebagai pencegah kejadian serupa.

Tujuan utama PBB adalah:

1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia
2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antar bangsa melalui penghormatan hak asasi manusia
3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia
5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Baca Juga :  Agregasi adalah kumpulan orang yang

Dengan demikian, keberadaan organisasi PBB menjadi penting pasca PD II karena mencegah terjadinya konflik serupa atau mencegah Perang terjadi lagi.

Semoga membantu ya : )