Negara yang banyak memiliki permasalahan dengan pendapatan yang rendah, pendidikan tidak merata, tingkat kesehatan buruk, pertumbuhan penduduk tinggi, dan bergantung pada negara maju terdapat pada nomor ….

Negara yang banyak memiliki permasalahan dengan pendapatan yang rendah, pendidikan tidak merata, tingkat kesehatan buruk, pertumbuhan penduduk tinggi, dan bergantung pada negara maju terdapat pada nomor ….
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 1, 4, dan 2
d. 1, 2, dan 4
e. 2, 3, dan 5

Negara yang banyak memiliki permasalahan dengan pendapatan yang rendah, pendidikan tidak merata, tingkat kesehatan buruk, pertumbuhan penduduk tinggi, dan bergantung pada negara maju terdapat pada nomor ....

jawaban untuk soal ini adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Negara berkembang adalah negara yang kesejahteraan penduduknya rendah, perekonomian pada sektor industri yang kurang berkembang, memiliki nilai lndeks Pembangunan Manusia (IPM) berada pada tingkat menengah ke bawah, dan pendapatan per kapita rendah. Negara berkembang sebagian besar tersebar di belahan bumi bagian selatan, yaitu benua Asia, Amerika, dan Afrika.

Contoh negara-negara berkembang di dunia adalah sebagai berikut.
a. Negara berkembang di Asia
Asia Tengah seperti Kazakhtan dan Afganistan, Asia Selatan seperti India dan Srilanka, Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand, Asia Barat (Timur Tengah) seperti Irak dan Yaman.

b. Negara berkembang di Amerika
Amerika Tengah seperti Meksiko dan Guatemala, Kepulauan Karibia seperti Republik Dominika dan Jamaika, Amerika Selatan seperti Brasil, Venezuela, dan Argentina.

c. Negara berkembang di Afrika
Di Afrika terdapat kurang lebih 55 negara dan sebagian besar merupakan negara berkembang. Beberapa contoh negara berkembang di Benua Afrika yaitu Kenya, Mali, Nigeria, Angola, Zaire, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan tersebut dan melihat gambar pada soal, negara berkembang ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 4. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Semoga membantu ya!

Baca Juga :  Perkembangan kota-kota besar di Indonesia sering kali menyebabkan alih fungsi lahan yang berada di pinggiran kota. Hal ini disebabkan….