Sayap hewan dapat berbeda asal-usul, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Hal tersebut dapat membuktikan adanya peristiwa 1. divergensi 2. konvergensi 3. homologi 4. analogi

Sayap hewan dapat berbeda asal-usul, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Hal tersebut dapat membuktikan adanya peristiwa
1. divergensi
2. konvergensi
3. homologi
4. analogi

Jawaban yang benar adalah 4. analogi.

Salah satu bukti evolusi adalah adanya homologi dan analogi organ. Homologi adalah organ-organ tubuh makhluk hidup yang memiliki struktur/ bentuk dasar sama, tetapi fungsinya berbeda. Contoh homologi adalah tungkai depan manusia dan tungkai depan anjing yang sama-sama tersusun atas tulang lengan atas, humerus, ulna, falanges, meskipun fungsi tungkai depan (tangan) manusia untuk memegang, sedangkan tungkai depan anjing untuk berjalan.

Sementara itu, analogi adalah organ-organ yang memiliki bentuk/struktur yang berbeda, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Bentuk/struktur yang berbeda menunjukkan bahwa organ-organ tersebut berbeda asal-usulnya. Contoh analogi adalah sayap kelelawar dan sayap kupu-kupu. Sayap kedua hewan ini memiliki bentuk dasar yang berbeda tetapi fungsinya sama, yaitu untuk terbang.

Dengan demikian, sayap hewan dapat berbeda asal-usul, tetapi mempunyai fungsi yang sama, membuktikan adanya peristiwa analogi (4).

Baca Juga :  Klasifikasikan proses penyebaran islam di indonesia !