Lengkapi nama organ reproduksi pria di bawah ini tampak dari samping dan depan serta jelaskan masing-masing fungsinya! Tampak depan 2. ….. fungsi : …..

Lengkapi nama organ reproduksi pria di bawah ini tampak dari samping dan depan serta jelaskan masing-masing fungsinya!
Tampak depan
2. …..
fungsi : …..

Lengkapi nama organ reproduksi pria di bawah ini tampak dari samping dan depan serta jelaskan masing-masing fungsinya! Tampak depan 2. ..... fungsi : .....

Jawaban yang benar adalah vesikula seminalis yang berfungsi untuk menghasilkan cairan berisi zat-zat yang diperlukan oleh sperma, seperti fruktosa sebagai sumber energi sperma.

Proses reproduksi manusia dapat terjadi dengan melibatkan berbagai alat/organ reproduksi. Organ reproduksi laki-laki antara lain penis, skrotum, testis, epididimis, vas deferens, uretra, vesikula seminalis, kandung kemih, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper. Bagian yang ditunjuk oleh angka 2 adalah vesikula seminalis.

Vesikula seminalis adalah bagian yang berbentuk seperti kantong kecil berukuran ± 5 cm yang terletak di belakang kantong kemih. Bagian ini berfungsi menghasilkan cairan berisi zat-zat yang diperlukan oleh sperma, contohnya fruktosa sebagai sumber energi. Selain itu, vesikula seminalis juga berfungsi membantu mendorong sperma ketika dikeluarkan.

Dengan demikian, organ yang ditunjuk angka 2 adalah vesikula seminalis yang berfungsi untuk menghasilkan cairan berisi zat-zat yang diperlukan oleh sperma, contohnya fruktosa sebagai sumber energi.

Baca Juga :  Tulislah rumus kimia untuk senyawa-senyawa berikut! h. Timbal (IV) klorida