Perhatikan organ-organ pencernaan berikut! 1) mulut 2) kerongkongan 3) usus halus 4) pankreas 5) usus besar 6) hati Alat pencernaan manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Organ pencernaan yang berfungsi sebagai saluran pencernaan ditunjukkan oleh nomor ….

Perhatikan organ-organ pencernaan berikut!
1) mulut
2) kerongkongan
3) usus halus
4) pankreas
5) usus besar
6) hati
Alat pencernaan manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Organ pencernaan yang berfungsi sebagai saluran pencernaan ditunjukkan oleh nomor ….
a. 2), 3), 4), dan 6)
b. 2), 3), 5), dan 6)
c. 1), 2), 3), dan 4)
d. 1), 2), 3), dan 5)
e. 1), 2), 4), dan 5)

Jawabannya adalah D.

Sistem pencernaan adalah sistem organ yang berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk sehingga dapat diserap oleh tubuh. Organ penyusun sistem pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, dan pankreas. Organ penyusun pencernaan dibagi menjadi dua yaitu:
1. Saluran pencernaan merupakan organ yang dilewati oleh makanan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar.
2. Kelenjar pencernaan merupakan organ yang menghasilkan enzim pencernaan yang terdiri dari hati, pankreas, mulut, lambung dan usus halus.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

Baca Juga :  2 + 3 per 2 + 2 per 9 + 2 per 27 tentukanlah a rasio data tersebut b u 15 c u 10 ​