Agar terhindar dari resiko yang berbahaya, maka pada saat menyiapkan makanan dalam kemasan, hal-hal yang harus diperhatikan adalah ….

Agar terhindar dari resiko yang berbahaya, maka pada saat menyiapkan makanan dalam kemasan, hal-hal yang harus diperhatikan adalah ….

Jawaban yang tepat adalah sebagai berikut :
– Bahan kemasan yang digunakan
– Tanggal kedaluwarsa
– Nilai gizi yang terkandung dalam makanan
– Kondisi makanan

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan makanan siap saji di supermarket atau minimarket. Biasanya makanan-makanan tersebut tersedia dalam bentuk kemasan. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan menyiapkan makanan dalam kemasan agar tidak berbahaya untuk kesehatan kita, yaitu :

1. Bahan kemasan yang digunakan
Terkadang ada beberapa makanan terutama apabila kita membelinya di minimarket atau supermarket, yang sebelum dimakan harus dipanaskan terlebih dahulu.

Namun ada beberapa bahan kemasan yang tidak tahan terhadap suhu panas, sehingga apabila dipanaskan akan bercampur dengan isi makananya itu sendiri, dan apabila tertelan akan berbahaya bagi tubuh.

2. Tanggal kedaluwarsa
Walaupun kebanyakan makanan dalam kemasan menggunakan bahan pengawet, namun tetap ada tenggat waktu yang aman untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

3. Nilai gizi yang terkandung dalam makanan
Terdapat beberapa bahan yang terkadang pada sebagian orang dapat memicu munculnya reaksi alergi. Oleh karena itu pilihlah makanan kemasan yang memiliki nilai gizi yang baik bagi kesehatan.

4. Kondisi makanan
Meskipun tanggal kedaluwarsa yang tercantum dalam kemasan masih lama, namun kita tetap harus memeriksa kondisi makanan. Pastikan kemasan tertutup rapat, tidak ada robekan, dan masih tersegel,

Jadi jawaban yang tepat adalah sebagaimana yang telah disebutkan.

Baca Juga :  Nenek moyang indonesia adalah