16. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik terjadi di usus besar (2) Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik terjadi di kerongkongan (3) Hati menghasilkan empedu untuk membunuh bakteri yang masuk bersama makanan (4) Saluran pencernaan adalah organ-organ yang dilewati oleh bahan makanan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. (5) Dinding usus halus menghasilkan enzym ptyalin untuk mengubah amilum menjadi gula (6) Bila kadar air pada sisa makanan terlalu banyak, maka dinding usus besar akan menyerap kelebihan air tersebut Pernyataan tersebut di atas, yang benar tentang proses pencernaan manusia ditunjukkan oleh nomor ….

16. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik terjadi di usus besar
(2) Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik terjadi di kerongkongan
(3) Hati menghasilkan empedu untuk membunuh bakteri yang masuk bersama makanan
(4) Saluran pencernaan adalah organ-organ yang dilewati oleh bahan makanan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.
(5) Dinding usus halus menghasilkan enzym ptyalin untuk mengubah amilum menjadi gula
(6) Bila kadar air pada sisa makanan terlalu banyak, maka dinding usus besar akan menyerap kelebihan air tersebut
Pernyataan tersebut di atas, yang benar tentang proses pencernaan manusia ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2) dan (3)
C. (3), (4) dan (5)
B. (2), (4) dan (6)
D. (4), (5) dan (6)

Jawaban yang benar adalah B. (2), (4) dan (6).

Sistem pencernaan merupakan sistem organ yang berperan penting dalam mencerna makanan dan minuman menjadi sumber energi, serta berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Proses pencernaan makanan terbagi atas pencernaan mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan mekanik merupakan proses pencernaan yang bertujuan untuk memecah partikel makanan dengan bantuan gigi dan mulut. Di kerongkongan, pencernaan mekanik berupa gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas-remas makanan di kerongkongan agar makanan terdorong ke lambung.

Sistem pencernaan manusia terdiri atas saluran dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan merupakan saluran yang dilalui bahan makanan. Saluran pencernaan meliputi mulut, kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Di usus besar, terjadi penyerapan kembali air yang berlebih dan memproses sisa-sisa makanan dari usus halus. Pada usus besar terjadi proses pembusukan sisa-sisa makanan menjadi feses agar mudah dikeluarkan.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan jaringan

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. (2), (4) dan (6).