Intel i7-10875H vs Ryzen 9 4900HS

Intel i7-10875H vs Ryzen 9 4900HS – 8 Core CPU Comparison!

Intel baru saja meluncurkan prosesor gen ke-10 baru mereka , mari cari tahu bagaimana 8 core i7-10875H dibandingkan dengan Ryzen 9 4900HS baru AMD . Ini adalah perbedaan spesifikasi utama antara prosesor ini. Keduanya adalah 8 inti 16 bagian utas, namun i7 memiliki cache L3 dua kali lipat, batas daya yang lebih tinggi , dan kecepatan peningkatan yang lebih tinggi, tetapi chip Ryzen dapat menggunakan memori yang lebih cepat dan memiliki jam dasar yang lebih tinggi. Kecepatan boost 5.1GHz itu misalnya adalah single core saja, dan didasarkan pada teknologi Thermal Velocity Boost Intel, jadi itu hanya akan terjadi saat termal tetap rendah.

Laptop yang saya uji adalah ASUS G14, laptop gaming 14 inci yang lebih kecil yang memiliki Ryzen 9 4900HS di dalamnya. Laptop i7-10875H pertama yang saya miliki adalah Gigabyte Aero 17, ini jauh lebih besar dan lebih keras dalam hal kebisingan kipas jika dibandingkan dengan G14. Dimulai dengan Cinebench R20, saya mendapatkan Ryzen 9 4900HS di bagian atas grafik, dan tiga hasil dengan 10875H dengan batas daya yang berbeda. Hasil terendah adalah dengan i7 dibatasi hingga 45 watt, yang dianggap Intel sebagai kecepatan stok.

Hasil selanjutnya adalah pada 62W, yang baru saja saya sertakan karena ini adalah panel kontrol Gigabyte tertinggi yang memungkinkan pengguna mengatur pada aero 17.

Saya juga telah meningkatkan batas daya hingga 200w dengan Intel XTU dan biarkan berjalan pada batas throttle termal. Di Cinebench ini benar-benar akan berjalan pada 100W, tetapi saya telah mendaftarkannya sebagai 94W karena ini adalah apa yang ada di benchmark blender yang lebih berat, jadi pada dasarnya ini dimaksimalkan dan menarik lebih banyak daya dalam mode ini. Bagaimanapun 4900HS berada di depan dalam single core, dan hanya sedikit di belakang i7 yang dimaksimalkan dalam multicore, Yang mengatakan, 4900HS akan mencetak sekitar 4300 dalam multicore untuk 2 run pertama, tapi saya menunjukkan rata-rata 5 run dan skor turun di sana setelah periode boost berakhir. Saya juga mendapatkan beberapa hasil Cinebench R15 lama bagi mereka yang masih menggunakannya, menariknya kali ini 4900HS tertinggal di single core, tapi kali ini unggul dalam multicore di semua pengujian.

Rem tangan digunakan untuk mengonversi file video 4K ke 1080p, lalu file 1080p terpisah ke 720p.

Dalam pengujian ini, 4900HS adalah yang tercepat, berjalan 29% lebih cepat dalam pengujian 4K daripada i7 pada 45 watt, 16% lebih cepat saat i7 ditingkatkan menjadi 62 watt, dan 7% lebih cepat dengan i7 mengonsumsi daya yang jauh lebih besar. Blender adalah beban kerja berat inti lainnya, 4900HS hanya sedikit di depan dalam benchmark BMW , tetapi kemudian di belakang i7 yang dimaksimalkan dalam tes kelas. Saya menduga ini karena 4900HS dapat meningkatkan di atas batas 35 wattnya selama beberapa menit dan tes BMW lebih pendek daripada ruang kelas. Setelah semuanya beres, i7 lebih cepat dengan batas daya yang jauh lebih tinggi ini. V-Ray adalah tes multicore lainnya, 4900HS pada TDP 35 watt mendapat skor sangat dekat dengan i7 dengan TDP 62 watt yang lebih tinggi, sedangkan i7 kemudian unggul jika kita memaksimalkan batas daya.

Baca Juga :  AMD Ryzen 7 5800X vs Intel i7-10700K - Best 8 Core CPU?

4900HS sekitar 15% lebih cepat daripada i7 jika kita tetap berpegang pada kecepatan 45 watt.

Benchmark ini juga menggunakan CPU untuk membuat adegan, namun yang menarik dalam pengujian ini 4900HS hanya mengalahkan stok i7 45 watt, pada batas daya yang lebih tinggi i7 menyelesaikan tugas ini lebih cepat. 7-Zip digunakan untuk menguji kecepatan kompresi dan dekompresi . 4900HS sekitar 17% lebih cepat daripada i7 dalam hal kecepatan dekompresi, namun i7 sekitar 10% lebih cepat dalam hal kompresi, dan pada dasarnya tidak ada perbedaan nyata pada i7 terlepas dari batas daya dalam pengujian ini. Veracrypt digunakan untuk menguji kecepatan enkripsi dan dekripsi AES, dan dengan pengujian ini i7 lebih cepat daripada 4900HS terlepas dari batas daya yang digunakan.

Saya akhirnya memutakhirkan ke Geekbench 5 dari versi 4, dan dalam tes ini i7 lebih cepat dalam single core, namun ketika menyangkut multicore, 4900HS melakukan perlawanan yang baik. Skornya sangat dekat dengan apa yang diproduksi i7 dengan batas daya yang jauh lebih tinggi. Saya telah menggunakan Adobe Premiere untuk mengekspor salah satu video ulasan laptop saya di 4K, namun preset yang saya uji dengan manfaat dari quicksync, sehingga prosesor i7 dapat memanfaatkan iGPU untuk sangat meningkatkan kinerja. Akibatnya, prosesor Ryzen tertinggal dalam pengujian khusus ini. Quicksync saat ini merupakan keuntungan dari platform Intel, jadi ini adil dan valid, tetapi jika Anda mengekspor dengan say 2 pass, maka saya berharap hasilnya akan lebih dekat.

Saya telah menggunakan efek penstabil warp Adobe Premiere yang menggunakan satu inti untuk menghaluskan klip, dan dalam pengujian ini 4900HS sekitar 14% lebih cepat daripada i7. Ada sedikit perbedaan pada kinerja inti tunggal saat menyesuaikan batas daya i7, karena ini biasanya bukan batasan dalam beban kerja yang lebih ringan. Adobe Photoshop telah diuji dengan benchmark Photoshop sistem Puget, dan saya telah mengujinya dengan grafik diskrit dinonaktifkan karena kedua laptop memiliki solusi yang berbeda.

Bagaimanapun, i7 lebih cepat dalam tes photoshop ini . Itu memang menggunakan gambar besar, jadi mungkin melihat manfaat dari cache yang lebih tinggi dari chip Intel.

Baca Juga :  INTEL or AMD?Processor War How to Choose one !

Ini adalah perbedaan rata-rata antara Ryzen 9 4900HS dan Intel i7-10875H dengan batas daya stok 45 watt di semua beban kerja yang diuji. Rata-rata chip Ryzen hampir 7% lebih cepat, namun persentase keseluruhan tidak terlalu berguna karena mencakup tes tunggal dan multicore . Jika Anda tidak tertarik dengan hasil Premiere karena menggunakan quicksync, 4900HS akan menjadi 10% lebih cepat tanpa itu. Begini perubahannya ketika kami menjalankan prosesor 10875H dengan batas daya 62 watt , Gigabyte tertinggi yang diizinkan melalui perangkat lunak panel kontrol mereka. Rata-rata 4900HS kurang dari 1% lebih cepat, tetapi sekali lagi i7 melihat hasil terbaiknya di Premiere karena quicksync, tanpa outlier yang lebih besar, 4900HS rata-rata akan menjadi 3% lebih cepat.

Dengan batas daya Intel i7 yang ditingkatkan sehingga pembatasan termal menjadi batasan, ia mengungguli 4900HS dalam lebih banyak pengujian daripada tidak, namun meskipun ada perbedaan daya yang besar, 4900HS masih dapat unggul dalam beberapa beban kerja, yaitu Handbrake di mana ia secara konsisten menawarkan keunggulan yang bagus dibandingkan i7. Di sinilah hal-hal menjadi menarik, seperti inilah total daya sistem yang ditarik dari dinding saat menjalankan benchmark blender .

Laptop 4900HS menggunakan lebih sedikit daya dalam pengujian ini. Bahkan i7 pada batas 45 watt menggunakan daya sekitar 47% lebih banyak, dan kemudian dengan i7 secara efektif tidak lagi membatasi daya, ia menarik lebih dari 150% lebih banyak daya dari dinding dibandingkan dengan 4900HS. Jika Anda ingat 4900HS benar-benar berkinerja lebih baik dalam pengujian ini, dan itu sangat mengesankan mengingat betapa lebih sedikit daya yang dibutuhkan, tampaknya ini benar-benar menunjukkan seberapa efisien prosesor 7nm baru AMD dibandingkan dengan 14nm+++ Intel.

Ini adalah kecepatan clock rata-rata selama tes blender yang sama, bukan perbandingan apel dengan apel di sini karena arsitektur dan IPC yang berbeda, tetapi 4900HS masih menyelesaikan tes blender ini paling cepat dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah daripada i7 pada batas 62w.

I7 dengan batas daya tertinggi mampu mencapai kecepatan clock yang lebih tinggi, tetapi seperti yang baru saja kita lihat, ia membutuhkan daya yang jauh lebih besar untuk melakukannya. Lebih banyak daya biasanya berarti lebih banyak panas yang hilang, dan hasilnya di sini juga sangat menarik. I7 sedikit lebih dingin daripada 4900HS dengan batas terendah 45 watt, tetapi perlu diingat Gigabyte Aero 17 adalah laptop 17 inci yang lebih besar dengan kipas yang jauh lebih keras, karena saya melakukan pengujian masing-masing pada kecepatan kipas maksimum untuk kinerja terbaik. 4900HS masih lebih dingin daripada i7 pada 62w, dan kemudian ketika i7 tidak dibatasi daya , batas berikutnya adalah batas throttle termal 90 derajat yang dipukul di sini.

Baca Juga :  Intel i9-9900K vs i7-8700K - Best Gaming CPU?

Sayangnya tidak ada hasil gaming saat ini karena ASUS G14 menggunakan 65 watt RTX 2060 Max-Q graphics dan saya tidak memiliki laptop Intel dengan GPU yang sama saat ini , namun saya akan melakukan beberapa perbandingan game di masa mendatang. Saya mendapatkan mesin yang sebanding . Demikian juga semoga saya mendapatkan 4900H di masa depan untuk dibandingkan, akan menarik untuk melihat bagaimana tambahan 10 watt mengubah banyak hal. AMD akhirnya memiliki prosesor mobile yang bersaing di tangan mereka di sini.

Ini menggunakan daya yang jauh lebih sedikit daripada rekan Intel sementara juga berjalan lebih dingin dalam banyak kasus, semuanya saat berada di laptop yang secara fisik lebih kecil.

Jika kita benar-benar menjalankan i7 pada batas daya 45 watt saham Intel, itu akan dikalahkan dalam banyak kasus. Agar adil, sebagian besar prosesor Intel dalam CPU saja beban kerja berjalan mendekati 60 watt, dan dengan batas ini, kesenjangan kinerja di antara mereka pasti dekat. Menggunakan perangkat lunak seperti Intel XTU, kita dapat meningkatkan batas daya prosesor Intel lebih tinggi lagi, pada titik mana batasnya adalah termal, jadi hasilnya akan bervariasi berdasarkan solusi termal laptop. Meskipun i7 rata-rata berkinerja lebih baik seperti ini, jika Anda menganggapnya menggunakan daya 150% lebih banyak untuk melakukannya dan pelambatan termal, saya cenderung memberikan kemenangan kepada 4900HS. Intel telah menggunakan arsitektur 14nm sejak generasi ke-6, ada perbaikan kecil tetapi sebagian besar solusi mereka adalah terus meningkatkan kecepatan clock, yang membutuhkan lebih banyak daya untuk mempertahankannya.

Hal-hal dapat berubah dengan undervolting, yang biasanya merupakan bonus dengan platform Intel, namun ini dinonaktifkan pada Aero 17 saya dan tidak dapat dilakukan dengan Intel XTU atau Throttlestop. Saya tidak dapat menemukan harga yang wajar saat ini, karena saya membuat ini sebelum generasi ke-10 mulai dijual, tetapi Anda akan dapat menemukan harga terbaru yang ditautkan dalam deskripsi. Pada saat perekaman, ASUS G14 adalah sekitar $ 1450 USD dengan spesifikasi yang saya uji di sini, dan Aero 17 saya lebih dari $ 2000 USD, mengingat ia juga memiliki grafis Super Max-Q 2070 yang lebih tinggi, dengan 1660 Ti itu akan lebih murah dan mungkin lebih kompetitif.

Beri tahu saya pendapat Anda tentang perbedaan kinerja antara i7-10875H dan Ryzen 9 4900HS di komentar, mana yang akan Anda dapatkan dan mengapa? Dan jika Anda baru mengenal saluran, pertimbangkan untuk berlangganan untuk perbandingan di masa mendatang dan video teknologi seperti ini.