Breaking News

Para pedagang dari arab datang ke nusantara tidak hanya bertransaksi dengan pedagang pribumi, tetapi juga dengan pedagang hindu dan cina yang juga berdagang di indonesia. tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada saat itu menjadi komoditi utama yang sangat popular. kedatangan pedagang arab tersebut ditandai dengan ….

para pedagang dari arab datang ke nusantara tidak hanya bertransaksi dengan pedagang pribumi, tetapi juga dengan pedagang hindu dan cina yang juga berdagang di indonesia. tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada saat itu menjadi komoditi utama yang sangat popular. kedatangan pedagang arab tersebut ditandai dengan ….
a. munculnya perkampungan arab di sekitar pelabuhan
b. munculnya pasar disekitar pelabuhan tradisional
c. munculnya kampung-kampung disekitar pelabuhan
d. munculnya hunian-hunian baru disekitar pelabuhan
e. berkembangnya jasa transportasi darat dan laut

Jawaban yang tepat adalah A. munculnya perkampungan arab di sekitar pelabuhan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Nusantara merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alamnya, sehingga membuat negara-negara lain tertarik untuk berdagang di wilayah ini. Terutama ketika jalur perdagangan mendukung kegiatan antar negara. Hal ini dilakukan oleh bangsa Arab yang berdagang bukan hanya dengan pribumi namun dengan pedagang Hindu dan China pula. Tujuan mereka sama yaitu mencari rempah-rempah yang pada saat itu menjadi komoditi utama yang sangat populer.

Adapun proses kedatangan pedagang Arab ke Nusantara ditandai dengan munculnya perkampungan arab di sekitar pelabuhan. Seperti contohnya ialah perkampungan Arab di Barus Sumatera yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-7 M.

Dengan demikian, proses kedatangan pedagang Arab ke Nusantara ditandai dengan munculnya perkampungan arab di sekitar pelabuhan.

Baca Juga :  Sebuah kerikil dilempar ke atas sehingga mencapai ketinggian maksimum 20 m. Jika energi potensial pada titik tertinggi sebesar 100 J, berapa kecepatan awal kerikil?