Perhatikan gambar berikut! Apabila terjadi kerusakan pada lapisan atmosfer yang ditunjukkan oleh angka II, dampak yang terjadi adalah ….

Perhatikan gambar berikut!
Apabila terjadi kerusakan pada lapisan atmosfer yang ditunjukkan oleh angka II, dampak yang terjadi adalah ….
a. meningkatnya risiko kanker kulit
b. terganggunya komunikasi jarak jauh
c. menurunnya suhu di permukaan bumi
d. hilangnya gelombang radio Am dan Fm
e. berkurangnya intensitas radiasi matahari

Perhatikan gambar berikut! Apabila terjadi kerusakan pada lapisan atmosfer yang ditunjukkan oleh angka II, dampak yang terjadi adalah ....

Apabila terjadi kerusakan pada lapisan atmosfer yang ditunjukkan oleh angka II, dampak yang terjadi adalah meningkatnya resiko kanker kulit (Jawaban A).

Berikut adalah penjelasannya.

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Salah satu lapisan atmosfer adalah stratosfer. Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang memiliki ketinggian 12-50 km. Fungsi utama lapisan stratosfer adalah untuk menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet. Maka jika terjadi kerusakan pada lapisan stratosfer, akan terjadi peningkatan resiko kanker kulit bagi manusia akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebih.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Baca Juga :  Diberikan beberapa persamaan termokimia berikut: besarnya ΔH untuk reaksi pembakaran senyawa karbon C3H7COOH(l) + O2(g) --> 4CO2(g) + 4H2O(l) adalah ....