Apa yang akan terjadi jika tumbuhan mengalami mutasi yang mencegah auksin berikatan dengan reseptor pada membran sel di pucuk tumbuhan?

Apa yang akan terjadi jika tumbuhan mengalami mutasi yang mencegah auksin berikatan dengan reseptor pada membran sel di pucuk tumbuhan?
a. Sel-sel tidak akan berfotosintesis
b. Pucuk tidak akan mengalami pemanjangan
c. Tumbuhan tidak dapat mempertahankan dirinya dari patogen
d. Pembelahan sel akan meningkat
e. Pucuk tidak akan menunjukkan gerak fototropisme

Jawabannya adalah E. pucuk tidak akan menunjukkan gerak fototropisme.

Pada pucuk tumbuhan terdapat fotoreseptor yang merupakan molekul pigmen disebut kriptokrom dan sangat sensitif terhadap cahaya biru matahari. Pigmen ini berikatan dengan auksin. Namun, auksin akan rusak apabila terkena cahaya, sehingga sebagian auksin akan berkumpul di sisi batang yang tidak terkena cahaya. Ketika sisi batang yang terkena cahaya memiliki auksin lebih sedikit daripada sisi batang yang tidak terkena cahaya, maka sisi batang yang terkena cahaya mengalami pertumbuhan lebih lambat dan batang dapat membelok ke arah cahaya. Gerak pembelokan ke arah cahaya ini disebut fototropisme. Ketika terjadi mutasi yang mencegah auksin berikatan dengan reseptor pada membran sel pucuk akibatnya pucuk tumbuhan tidak terjadi pembelokan ke arah cahaya atau fototropisme.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. pucuk tidak akan menunjukkan gerak fototropisme.

Baca Juga :  428 +212 = 428=...+...+... 212=...+...+... _____________+ =...+...+...+ =...+...+...+... = ​