Jelaskan struktur kloroplas pada sel tumbuhan! Apakah fungsi kloroplas pada sel tumbuhan?

Jelaskan struktur kloroplas pada sel tumbuhan! Apakah fungsi kloroplas pada sel tumbuhan?

Simak penjelasannya berikut ini.

Kloroplas mengandung pigmen yang berwarna hijau atau klorofil yang berfungsi menghasilkan energi yang berasal dari sinar matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk glukosa.

Struktur kloroplas disusun dari stroma, membran dalam, membran luar, tilakoid, dan grana. Kloroplas mempunyai membran ganda (membran luar dan membran dalam). Membran dalam dan membran luar kloroplas dibatasi dengan ruang antarmembran atau intermembran.

Membran ganda mengelilingi matriks fluida yang disebut stroma. Stroma mengandung enzim yang berperan untuk menangkap CO2 dan mereduksinya. Sistem membran di dalam stroma membentuk tilakoid. Tilakoid bertumpuk membentuk grana. Klorofil dan pigmen lainnya terdapat pada membran tilakoid. Pigmen yang terdapat pada kloroplas, yaitu klorofil a (berwarna hijau), klorofil b (berwarna hijau tua), dan karoten (berwarna kuning sampai jingga).

Dengan demikian, struktur kloroplas terdiri atas membran dalam, membran luar, tilakoid, grana dan stroma. Fungsinya adalah tempat menghasilkan energi yang berasal dari sinar matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk glukosa.

Baca Juga :  Saat orangtua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia karena kebutuhan mereka dapat tercukupi. Meskipun begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. la tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya. Kutipan teks tersebut dalam teks cerita fantasi termasuk struktur bagian ....