Apa yang dimaksud dengan kaligrafi

apa yang dimaksud dengan kaligrafi

Jawaban yang benar adalah ‘Kaligrafi adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf yang telah di modifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika.’

Soal menanyakan pengertian Kaligrafi.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini. Fungsi-fungsi kaligrafi sebagai berikut:
1. Kaligrafi sebagai media ibadah dan dakwah.
Karya seni kaligrafi bertujuan untuk mengagungkan nama Tuhan. Sehingga kaligrafi menjadi produk seni yangtidak lepas dari unsur-unsur ibadah dan dakwah.
2. Kaligrafi sebagai pengungkapan rasa hormat terhadap tokoh.
Besarnya minat seniman muslim untuk menuangkan kreativitas seni, muncul secara bersamaan dengan tingginya rasa hormat terhadap tokoh-tokoh yang berjasa.
3. Kaligrafi sebagai media komunikasi.
Kaligrafi sebagai alat untuk menyampaikan maksud tertentu. Fungsi ini diwujudkan oleh salah satu sultan yang memerintah Kerajaan Aceh Darussalam untuk mengirim surat kepada penguasa negara luar.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah ‘Kaligrafi adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf yang telah di modifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika.’

Baca Juga :  Teks kritik adalah