Modifikasi organ akar dapat dijumpai pada beberapa jenis tumbuhan. Di antara bentuk modifikasi berikut ini yang BUKAN merupakan modifikasi akar adalah…

Modifikasi organ akar dapat dijumpai pada beberapa jenis tumbuhan. Di antara bentuk modifikasi berikut ini yang BUKAN merupakan modifikasi akar adalah…
a. Akar nafas (pneumatofor)
b. Akar rimpang
c. Akar lutut (prop root)
d. Akar lilit (strangling root)
e. Akar banir (buttress root)

Jawabannya adalah B.

Rimpang bukan termasuk modifikasi akar tetapi modifikasi batang. Modifikasi akar adalah perubahan morfologi dan fisiologis akar yang disebabkan oleh faktor lingkungan sebagai bentuk adaptasi. Selain berfungsi sebagai penyerapan, akar juga dapat menjadi tempat cadangan makanan, pernapasan, pembelit, penopang berdirinya batang, dan penghisap.

Berikut ini jenis-jenis modifikasi akar pada tumbuhan:
1. Akar napas
Akar napas adalah akar yang naik ke atas tanah, khususnya ke atas air seperti pada tanaman bakau. Akar napas berfungsi untuk penyerap air dan fotosintesis.

2. Akar lutut
Akar ini merupakan akar horisontal yang berbentuk seperti lutut, terlipat di atas permukaan tanah, meliuk ke atas dan bawah dengan ujung yang membulat di atas permukaan tanah. Contohnya pada 𝘉𝘳𝘶𝘨𝘶𝘪𝘦𝘳𝘢 𝘤𝘺𝘭𝘪𝘯𝘥𝘳𝘪𝘤𝘢, 𝘉𝘳𝘶𝘨𝘶𝘪𝘦𝘳𝘢 𝘨𝘺𝘮𝘯𝘰𝘳𝘳𝘩𝘪𝘻𝘢 dan 𝘉𝘳𝘶𝘨𝘶𝘪𝘦𝘳𝘢 𝘱𝘢𝘳𝘧𝘪𝘷𝘭𝘰𝘳𝘢.

3. Akar lilit
Akar lilit ada pada tanaman sirih. Akar lilit merupakan suatu modifikasi untuk memenuhi fungsinya dari akar yang disebut akar pelekat yaitu akar-akar yang keluar pada buku-buku batang tumbuhan memanjat dan berguna untuk melekatkan diri pada penunjangnya.

4. Akar tunjang
Akar tunjang adalah akar yang tumbuh dari bagian bawah batang ke segala arah, sehingga seakan-akan menunjang batang agar tidak rebah. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunjang adalah tumbuhan bakau dan tumbuhan pandan.

5. Akar penghisap
Akar penghisap adalah akar yang biasanya hidup sebagai parasit yang berguna sebagai penghisap air maupun makanan dari inangnya. Contohnya adalah parasit benalu, parasit cendana, dan 𝘙𝘢𝘧𝘧𝘭𝘦𝘴𝘪𝘢 𝘢𝘳𝘯𝘰𝘭𝘥𝘪.

Baca Juga :  Tentukan hasil dari (2x² − 3)⋅(x² + 4x) + 4x²(3−x)!

6. Akar banir
Akar banir adalah akar yang menjorok dan menonjol ke luar menyerupai dinding penopang pohon pada bagian pangkalnya. Akar papan dapat dijumpai di hutan hujan tropika yang rendah seperti pohon kenari dan kempas.

𝑱𝒂𝒅𝒊, 𝑱𝒂𝒘𝒂𝒃𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝑩.