Breaking News

Jika suatu untai DNA yang mencetak mRNA memiliki urutan basa nitrogennya ialah TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC, maka

Jika suatu untai DNA yang mencetak mRNA memiliki urutan basa nitrogennya ialah TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC, maka
(A) urutan basa nitrogen pada kodon ialah UAC-GGC-CCC-UAU-CCG-ATC.
(B) urutan basa nitrogen pada antikodon ialah AUG-CCG-GGG-AUA-GGC-UAG.
(C) urutan basa nitrogen pada tRNAnya ialah AUG-CCG-GGG-AUA-GGC-UAG.
(D) urutan basa nitrogen pada rantai nonsense ialah ATG-CCG-GGG-ATA-GGC-TAG.
(E) urutan basa nitrogen pada antisensenya adalah TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC.

Jawaban yang benar adalah (D) urutan basa nitrogen pada rantai nonsense ialah ATG-CCG-GGG-ATA-GGC-TAG.

Suatu untai DNA yang mencetak mRNA memiliki urutan basa nitrogen TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC. Yang dimaksud dengan untai DNA yang mencetak mRNA adalah DNA template atau DNA sense. Karena DNA berutas ganda, maka DNA sense akan berpasangan dengan DNA antisense/nonsense. Menurut Watson dan Crick, basa T pada DNA akan berpasangan dengan basa A, basa A akan berpasangan dengan basa T pada DNA, basa G berpasangan dengan C, dan basa C berpasangan dengan basa G. Maka urutan DNA antisense/nonsense dari DNA sense dengan urutan TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC adalah ATG-CCG-GGG-ATA-GGC-TAG.

Proses sintesis protein terdiri dari dua tahapan utama yaitu transkripsi dan translasi. Pada transkripsi, DNA sense akan diterjemahkan menjadi mRNA dengan aturan pasangan basa menurut Watson-Crick. Namun pada mRNA tidak ada basa T, sebagai gantinya basa A berpasangan dengan basa U. mRNA yang dihasilkan berupa urutan triplet basa yang disebut kodon. Maka mRNA (kodon) yang dihasilkan dari urutan DNA sense adalah AUG-CCG-GGG-AUA-GGC-UAG.

Kodon selanjutnya akan ditranslasikan menjadi rantai asam amino, satu kodon ditranslasikan menjadi satu asam amino. Asam amino yang dihasilkan dikodekan oleh basa pada tRNA hasil translasi kodon (mRNA) yang disebut antikodon. Maka antikodon (basa tRNA) yang dihasilkan dari kodon AUG-CCG-GGG-AUA-GGC-UAG adalah UAC-GGC-CCC-UAU-CCG-AUC. Berikut ini raangkuman urutan basa nitrogen masing-masing proses.

Baca Juga :  sebuah balok yang di gerakan oleh F1 dan F2 dengan nilai seperti pada gambar. jika koefesien gesek statis (μs)=0,2 dan koefesien gesek kinetis (μk)=0,1 dan percepatan gravitas (g) = 10 m/s2 massa benda adalah 10 kg. maka percepatan yang dialami oleh balok adalah .... m/s2

DNA sense: TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC
DNA antisense/nonsense: ATG-CCG-GGG-ATA-GGC-TAG
Kodon (mRNA): AUG-CCG-GGG-AUA-GGC-UAG
antikodon (tRNA): UAC-GGC-CCC-UAU-CCG-AUC

Dengan demikian, berdasarkan pilihan jawaban, jika suatu untai DNA yang mencetak mRNA memiliki urutan basa nitrogennya ialah TAC-GGC-CCC-TAT-CCG-ATC, maka urutan basa nitrogen pada rantai nonsense ialah ATG-CCG-GGG-ATA-GGC-TAG (D).