Breaking News

Salah satu persamaan antara : Planaria, Fasciola hepatica, Taenia sp. adalah ….

Salah satu persamaan antara : Planaria, Fasciola hepatica, Taenia sp. adalah ….
a. diploblastik
b. triploblastik aselomata
c. triploblastik selomata
d. tripoloblastik pseudoselomta
e. triploblastik berongga

Jawabannya adalah B. triploblastik aselomata.

π˜—π˜­π˜’π˜―π˜’π˜³π˜ͺ𝘒, 𝘍𝘒𝘴𝘀π˜ͺ𝘰𝘭𝘒 𝘩𝘦𝘱𝘒𝘡π˜ͺ𝘀𝘒, dan π˜›π˜’π˜¦π˜―π˜ͺ𝘒 𝘴𝘱 merupakan contoh hewan pada filum Platyhelminthes (cacing pipih) yang terdiri atas tiga lapisan tubuh (triploblastik). Hewan triploblastik dapat dibedakan lagi berdasarkan rongga tubuh (selom), antara lain:
1. Aselomata adalah hewan yang bertubuh padat tanpa rongga antara usus dan tubuh terluar. Contoh aselomata adalah Platyhelminthes.
2. Pseudoselomata adalah hewan yang mempunyai rongga dalam saluran tubuh dan rongga tersebut berisi cairan yang memisahkan alat pencernaan dari dinding tubuh terluar. Contoh hewan pseudoselomata adalah Rotifera dan Nematoda.
3. Selomata adalah hewan yang mempunyai rongga tubuh yang terisi cairan dan mempunyai batas yang berasal dari jaringan mesoderm. Lapisan dalam dan luar dari jaringan hewan ini mengelilingi rongga serta menghubungkan dorsal dan ventral membentuk mesentron. Contoh hewan selomata adalah Mollusca, Annelida, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.

Jadi, π˜—π˜­π˜’π˜―π˜’π˜³π˜ͺ𝘒, 𝘍𝘒𝘴𝘀π˜ͺ𝘰𝘭𝘒 𝘩𝘦𝘱𝘒𝘡π˜ͺ𝘀𝘒, dan π˜›π˜’π˜¦π˜―π˜ͺ𝘒 𝘴𝘱 memiliki kesamaan yaitu memiliki tubuh triploblastik aselomata.

Baca Juga :  Diketahui kubus ABCD. EFGH dengan panjang rusuk 5 cm. tentukan jarak titik A ke G​