Berikut ini merupakan ciri-ciri suatu cacing: 1. banyak ditemukan di daerah tropis 2. hidup di dalam usus 12 jari 3. menghisap darah inang 4. dapat menyebabkan anemia 5. parasit pada tubuh manusia 6. larva masuk menerobos melalui telapak kaki dan berakhir di usus halus ( 12 jari) ciri-ciri tersebut dimiliki oleh cacing …..

berikut ini merupakan ciri-ciri suatu cacing:
1. banyak ditemukan di daerah tropis 2. hidup di dalam usus 12 jari 3. menghisap darah inang
4. dapat menyebabkan anemia 5. parasit pada tubuh manusia 6. larva masuk menerobos melalui telapak kaki dan berakhir di usus halus ( 12 jari)
ciri-ciri tersebut dimiliki oleh cacing …..

Jawabannya adalah cacing tambang atau 𝘈𝘯𝘤𝘺𝘭𝘰𝘴𝘵𝘰𝘮𝘢 𝘥𝘶𝘰𝘥𝘦𝘯𝘢𝘭𝘦.

𝘈𝘯𝘤𝘺𝘭𝘰𝘴𝘵𝘰𝘮𝘢 𝘥𝘶𝘰𝘥𝘦𝘯𝘢𝘭𝘦 atau cacing tambang merupakan cacing yang masuk ke dalam filum nematoda. Cacing tambang hidup parasit pada usus halus tepatnya di duodenum atau usus dua belas jari manusia. Cacing tambang berhabitat di tanah yang lembab, hangat, dan terhindar dari sinar matahari langsung dan banyak ditemukan di daerah tropis. Cacing tambang masuk ke dalam tubuh melalui telapak kaki. Larva cacing tambang akan masuk ke telapak kaki dan menuju ke duodenum atau usus 12 jari. Di dalam usus 12 jari larva cacing tambang akan menghisap darah sehingga dapat menyebabkan anemia. Gejala infeksi cacing tambang adalah anemia, demam, mual , BAB berdarah, diare, nafsu makan dan berat badan menurun.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah cacing tambang atau 𝘈𝘯𝘤𝘺𝘭𝘰𝘴𝘵𝘰𝘮𝘢 𝘥𝘶𝘰𝘥𝘦𝘯𝘢𝘭𝘦.

Baca Juga :  Kekurangan unsur kimia berikut dapat menyebabkan tanaman mengalami klorosis yang ditandai dengan menguningnya daun, yaitu ...