Breaking News

Data percobaan uji protein sebagai berikut: dari data tersebut pasangan senyawa yang mengandung inti benzena adalah …

data percobaan uji protein sebagai berikut:

dari data tersebut pasangan senyawa yang mengandung inti benzena adalah …
a. p dan q
b. p dan r
c. p dan s
d. q dan r

data percobaan uji protein sebagai berikut:  dari data tersebut pasangan senyawa yang mengandung inti benzena adalah ...

Jawaban yang tepat C

Protein adalah makromolekul atau molekul raksasa yang dibentuk oleh gabungan asam-asam amino (residu) melalui ikatan peptida.
Kandungan protein di dalam bahan makanan bisa diuji melalui uji-uji berikut.

1. Inti benzena dalam suatu protein dapat diidentifikasi menggunakan uji xantoproteat. Uji ini menggunakan larutan asam nitrat pekat yang dipanaskan bersama sampel protein yang diuji. Jika sampel mengandung cincin benzena, maka akan menunjukan perbahan warna menjadi kuning atau jingga.

2.Uji biuret digunakan untuk menguji kadar protein. Protein sendiri terdiri dari ikatan peptida. Semakin panjang ikatan peptida / semakin besar kadar protein di dalam sampel, semakin intensif warna ungu yang dihasilkan dari hasil reaksi dengan larutan biuret.

3. Uji timbal (II) asetat digunakan untuk menguji adanya belerang pada makanan berprotein. Adanya belerang diindikasikan dengan adanya endapan hitam pada kertas saring yang sudah ditetesi oleh timbal (II) asetat.

Jadi, pasangan senyawa yang mengandung inti benzena adalah P dan S

Baca Juga :  Tentukan reaksi berikut yang merupakan reaksi redoks. g. 2KI(g) + MnO2(s) + 2H2SO4(l) → K2SO4(aq) + MnSO4(aq) + 2H2O(l) + I2(g)