Sel berikut yang tepat digunakan jika ingin mempelajari fungsi lisosom sebagai alat pencernaan intrasel yaitu …

Sel berikut yang tepat digunakan jika ingin mempelajari fungsi lisosom sebagai alat pencernaan intrasel yaitu …
a. Sel otot
b. Sel saraf
c. Sel leukosit
d. Sel bakteri

Jawaban yang benar adalah C.

Lisosom merupakan organel sel hewan yang berbentuk kantong yang dikelilingi membran tunggal. Lisosom digunakan sel untuk mencerna makromolekul. Lisosom dihasilkan oleh badan Golgi yang penuh protein. Lisosom berisi berbagai jenis enzim (enzim hidrolitik) yang dapat memecahkan (mencerna) polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat, dan protein.

Lisosom akan menguraikan komponen sel yang rusak dan molekul makanan yang masuk ke dalam sel. Lisosom juga berperan dalam fagositosis yang menelan bakteri atau zat asing lain yang masuk dalam tubuh untuk diuraikan. Sel yang melakukan fagositosis adalah sel darah putih (leukosit), sehingga lisosom banyak ditemukan pada sel darah putih.

Dengan demikian, sel berikut yang tepat digunakan jika ingin mempelajari fungsi lisosom sebagai alat pencernaan intrasel yaitu sel leukosit.

Baca Juga :  Sebuah kapal berlayar kearah barat sejauh 20 km kemudian kapal tersebut berbelok kearah selatan dan berlayar sejauh 21 km. Jarak kapal dari titik awal keberangkatan ketitik akhir adalah