Jelaskan fungsi paru-paru, ginjal, kulit, dan hati!

Jelaskan fungsi paru-paru, ginjal, kulit, dan hati!

Fungsi paru-paru yaitu untuk mengeluarkan karbon dioksida, hati untuk menghasilkan bilirubin, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal membentuk urine.

Sistem ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sistem ekskresi melibatkan organ-organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, hati, dan kulit.

– Paru-paru berfungsi untuk mengeluarkan karbon dioksida (CO2) yang merupakan limbah hasil metabolisme sel-sel tubuh, sehingga harus dikeluarkan ketika menghembuskan napas.
– Hati berfungsi untuk merombak sel-sel darah merah yang sudah tua atau rusak untuk menghasilkan bilirubin yang sifatnya beracun. Karena beracun, maka bilirubin harus diproses untuk bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, salah satunya yaitu dikeluarkan bersamaan dengan urin.
– Kulit berfungsi untuk mengeluarkan keringat yang mengandung kelebihan air, garam mineral, maupun sedikit limbah nitrogen seperti urea, yang dapat meracuni tubuh. Keringat biasanya keluar ketika melakukan aktivitas, seperti berolahraga atau saat sedang kepanasan.
– Ginjal merupakan komponen utama penyusun sistem ekskresi manusia yaitu urin. Ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah, mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, mengeskresikan gula darah yang melebihi kadar normal dan mengatur keseimbangan kadar asam, basa, dan garam di dalam tubuh.

Jadi, fungsi paru-paru yaitu untuk mengeluarkan karbon dioksida, hati untuk menghasilkan bilirubin, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal membentuk urine.

Baca Juga :  Hitunglah gradien gan's PQ jika P(-6, 8) dan Q (4:7) k guat te tegut lurus Jika gass gars K. lurus dengan PQ tentukan gradien garis k​